* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin

Tips Pindah AC Tanpa Buang Freon

On 0 komentar



         Suatu ketika kita ingin memindahkan sebuah unit AC di kamar ke tempat lain. Untuk pekerjaan pindah unit Air Conditioner harus dengan peralatan yang lengkap dan harus memahami cara pembongkaran yang  benar. Bila kita asal pindah unit AC maka resiko adalah terbuangnya freon pada unit AC yang kita bongkar.
Cara membongkar pasang Air Conditioning tanpa membuang freon dapat anda lakukan dengan cara sebagai berikut:
  1. Operasikan Air Conditioner, tunggu sampai indoor unit memberikan supply listrik kebagian outdoor unit. Setelah outdoor unit dapat beroperasi pasang selang manifold yg berwarna biru pada pentil pengisian freon lalu buka mur penutup kran valve yg berukuran 1/4 dan 3/8 (untuk ac split ukuran 0,5 PK sampai 1 PK)
  2. Setelah mur kran valve terbuka, ambil sebuah kunci L yg ukurannya sama dengan lubang kunci L yg berada pada kran valve. Putar kekanan sampai habis kran valve yg ukuran 1/4 dengan kunci L sambil melihat jarum manifold tekanan rendah sampai posisi jarum manifold menyentuh angka 30" (vakum dibawah angka 0 psi).
  3. Setelah jarum manifold tekanan rendah menyentuh angka 30" tutup kran valve ukuran 3/8 dengan kunci L kearah kanan sampai habis lalu matikan ac split segera, jangan terlalu lama.
  4. Setelah ac split dimatikan, cabut steker dari aliran litrik, bila tidak menggunakan steker berarti anda harus melepaskan kabel power supply dari aliran litrik. Bila anda belum terbiasa memutuskan aliran litrik pada kabel power supply, saya sarankan matikan MCB pada box pembagian litrik atau pada meteran listrik agar anda tidak tersengat aliran listrik pada saat melepaskan sambungan kabel power supply.
  5. Setelah tidak ada aliran listrik yg mengalir pada AC Split barulah anda melepaskan sambungan kabel dan nepel pada indoor dan outdoor.
  6. Setelah sambungan nepel indoor dan outdoor terlepas, pasang kembali mur penutup kran nepal dan tutup kran valve dengan solasi agar kotoran tidak dapat masuk.
  7. Begitu juga dengan pipa yg berada pada indoor unit tutup juga dengan solasi agar kotoran tidak dapat masuk, ujung pipa installasi AC rumah juga harus ditutup dengan solasi, bila anda ingin menggunakan kembali. Alangkah baiknya sekalian kita cuci AC,baca artikel Langkah langkah Cuci AC , untuk pemasangan Unit AC baca artikel Cara Pasang Air Conditioner

0 komentar:

Poskan Komentar