* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin

apa itu Vakum,,,??

On 0 komentar

Vakum pompa



Pengosongan atau evacuating, sering di sebut juga dengan vacuum atau dehydrating yaitu mengosongkan atau menghampakan mekanik sitem refrigerasi pada unit refrigerator, Misalnya : Frezer, AC Window, AC Split, Split duct, AC celling, AC Cassete, AC Central, Floor standing, maupun Cold Storage dari udara, uap air dan partikel-partikel lain yang tidak di kehendaki di dalam system . Di dalam system ini hanya berisi refrigerant tidak boleh bercampur dengan udara ataupun yang lainnya.

Bila di dalam system sirkulasi udara ini telah bercampur dengan Udara maka di dalam system akan menyebabkan kenaikan tekanan. Kotoran akan membuat system tersumbat dan uap air akan menyebabkan korosi serta pada gulungan motor compressor terkupas dan menyebabkan motor terbakar.

Udara tidak dapat mengembun di dalam sistem pada tekanan dan temperatur dan tekanan pengembunan yang sama dengan refrigerant. Oleh karena itu udara akan mempertinggi temperatur dan tekanan pada saluran discharge. Dengan tekanan yang demikian tinggi akan mempengaruhi kondisi pada bagian sisi rendah , karena tekanan yang tinggi pada sisi tinggi akan terbawa pada bagian sisi rendah dan menyebabkan temperature pada sisi rendah menjadfi tinggi. Pada keadaan ini temperature temperatur di sekitar sisi rendah juga akan menjadi tinggi dengan kata lain temperatur ruang akan menjadi tinggi. contohnya : Bila kita ukur dengan manifold ( alat ukur AC) Jarum sudah menunjuk pada angka 65 psi tetapi temperature ruang masih tinggi, bisa di pastikan refrigerant tercampur dengan udara alhasil AC tidak dingin.

Udara juga akan menyebabkan persenyawaan dengan minyak pelumas pada kompresor, persenyawaan ini akan menimbulkan gangguan pada compressor.

Pada setiap penggantian komponen mekanik Refrigerator Frezer, AC Window, AC Split, Split duct, AC celling, AC Cassete, AC Central, Floor standing harus di lakukan pemakuman (vacuum), pengosongan atau pemakuman yang paling baik adalah dengan menggunakan “Deep Vacuum” yaitu dengan menggunakan pompa vacuum hingga ke tingkat kevakuman di dalam system akan mencapai 30”Hg, Vacuum pada tingkat kevakuman seperti ini seluruh partikel atau zat di dalam mekanik 99,9 % habis terbuang. Namun jangan khawatir bila belum mempunyai mesin vakum masih bisa di lakukan dengan pemakuman manual atau Body Vacuum dan ingat hanya untuk di gunakan AC split 0,5 – 1,5 pk diatas ukuran tsb gunakan pompa vacuum bila terjadi kerusakan bukan tanggung jawab kami.

Demikian lah ulasan tentang kegunaan vakum pada sitem refrigerant semoga bisa di jadikan sebagai acuan untuk belajar service AC bersama **jejen teknik**

0 komentar:

Posting Komentar