* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin



          Bila anda tidak mengetahui besarnya kapasitas compressor/PK lemari es yg akan anda ganti, sebaiknya anda melihat manual book atau mencatat kode/type lemari es tersebut lalu anda tanyakan pada showroom merk lemari es tersebut.
          Bila compressor kulkas yg akan anda ganti kapasitasnya terlalu besar atau terlalu kecil akan membuat kinerja lemari es tersebut bekerja tidak maksimal, perlu juga anda ketahui pengisian freon pada lemari es, tidak semudah melakukan pengisian freon pada AC split, karena lemari es menggunakan pipa kapiler yg ukurannya berbeda dengan pipa kapiler yg digunakan pada AC split ataupun AC Central. Dengan pipa kapiler yg berukuran kecil membuat rentan terhadap kebuntuan aliran freon jika ada kotoran yg terbawa pada saat freon mengalir. Ganti strainer dan pipa kapiler dengan yg baru bila anda ingin mengganti compressor yg rusak dengan compressor yg baru.
alat yg dibutuhkan untuk mengganti compressor lemari es adalah:
     1. alat-alat pengelasan yaitu tabung lpg dan tabung oksigen.
     2. manifold.
     3. freon 12 atau freon 134A tergantung pada data spesifikasi yg ada pada lemari es.
     4. pentil pengisian freon.
     5. perak/kawat las tembaga.
     6. pemotong pipa/cutter
     7. flare-nut/flereng
     8. tools/kunci perkakas
 

Kompresor lemari es ada dua macam yaitu:
     1. compressor piston
     2. compressor rotary
          Kompresor piston banyak dipakai pada lemari es satu pintu dan dua pintu, tapi pada lemari es dua pintu ada juga yg memakai compressor jenis rotary. Dalam hal kwalitas sudah jelas compressor jenis pistonlah yg paling handal dibandingkan dengan compressor jenis rotary.
 

          Pada banyak kasus kerusakan mengganti compressor lemari es dengan jenis rotary, pada hari pertama sampai hari ketiga, lemari es tidak ada masalah(dalam keadaan dingin/normal), pada hari keempat lemari es mengalami kebuntuan aliran freon pada pipa kapiler yg menyebabkan compressor rotary mengalami kerusakan pada bagian klep compressor. .

          Compressor piston pada lemari es, pipa keluarannya ada yg tiga buah dan lima buah.
adapun pipa-pipa yg keluar tiga buah adalah:
    - satu pipa tekan/discharge.
    - satu pipa hisap/suction.
     - satu pipa untuk pengisian freon.

pipa-pipa yg keluar lima buah adalah:
    - satu pipa tekan/discharge
    - satu pipa hisap/suction
    - satu pipa untuk pengisian freon.
    - dua pipa untuk pendinginan oli compressor yg terletak pada bagian bawah compressor.

           Sebelum kita melepaskan compressor yg rusak yaitu dengan cara memanaskan sambungan pipa tekan dan sambungan pipa hisap dengan menggunakan alat pengelasan. Sebelum anda melakukan pelepasan pipa yg berada dibagian compressor, cabut kabel-kabel yg menuju ke compressor dan pastikan freon pada sistem pendingin/lemari es, sudah anda buang !!! semuanya, yaitu dengan cara memutuskan ujung dari pipa ukuran 1/8 (panjang sekitar 10 cm) yg berada pada strainer atau membuangnya lewat pentil pengisian freon.

          Setelah compressor terlepas dari dudukannya pasang compressor yg baru, bila compressor yg anda ganti menggunakan starting capassitor berarti ada tiga kabel yg menuju ke terminal compressor, jika tidak menggunakannya berarti hanya dua kabel yg menuju ke compressor.Kami sarankan sebelum melakukan pengelasan, coba dulu menjalankan compressor, sebab bila ujung pipa sudah di las, compressor mengalami kerusakan/macet kita tidak dapat menukarnya kembali.

           Bila compressor dapat beroperasi barulah anda melakukan pengelasan pada pipa tekan dan pipa hisap. Bila jalur pipa tekan terbuat dari besi, sewaktu anda mengelas pergunakan boraks agar jalur pipa tekan dapat menyatu dengan pipa tekan tembaga yg keluar dari comppressor.

           Setelah pengelasan pipa hisap dan pipa tekan pada kompresor lemari es, kulkas, frezer sudah selesai, beralih pada pengelasan pentil pengisian freon. Pada saat melakukan pengelasan pentil, buka pentil agar seal/karet tidak meleleh terkena hantaran panas, setelah terpasang dan lap dengan kain basah agar hawa panas pada pentil menghilang, setelah itu pasang kembali pentil seal dan kencangkan.

           Beralih ketahap pemasangan strainer, terserah anda mau memakai strainer isi silica gel atau strainer kosong/tanpa isi silica gel. Strainer mempunyai lubang pengeluaran untuk pipa kapiler ada yg 2 lubang dan 1 lubang (yg dua lubang satunya buat vakum, pasang kapiler 10 cm dan ujungnya biarkan terbuka jgn dilas.)
bila pipa kapiler yg berada pada lemari es anda tidak dapat diganti/heat exchanger (pipa kapiler berada didalam jalur pipa hisap/suction) dan pipa kapiler mengalami kebuntuan, anda dapat menggantinya dengan cara melepaskan evaporator yaitu dengan cara memanaskan dengan alat las, tapi sebelumnya luruskan pipa kapiler agar lebih mudah menarik evaporator keluar.

          Pada type lemari es jaman sekarang jalur pipa suction/hisap dan kapiler dipress didalam body lemari es tersebut. Bila anda ingin mengganti pipa kapiler bisa lewat jalur pembuangan air atau membolongi body kulkas dengan bor listrik, tapi hati-hati jangan sampai mengenai pipa condenser, jadi jalur pipa suction dan pipa kapiler berada diluar body lemari es.

          Setelah strainer dan pipa kapiler terpasang/sudah dilas, vakum lemari es dengan mesin vakum sampai angka 30" bila anda tidak mempunyai mesin vakum, lakukan vakum melalui lubang strainer. Bila sudah divakum dan jarum pada manifold tidak naik keatas berarti tidak ada kebocoran pada sambungan pipa dicompressor, strainer dan pipa kapiler yg baru saja anda las, tapi bila jarum manifold masih naik keatas berarti masih ada kebocoran, cari sampai ketemu kebocoran tersebut. Untuk cara penggunaan manifold silahkan baca terlebih dahulu yg belum mengerti cara penggunaan manifold.

          Setelah tidak ada ruang kebocoran, operasionalkan lemari es, buka kran manifold pada meter biru kearah kiri sambil melihat jarum yg ada pada manifold dan isi freon secara perlahan-lahan sampai jarum menunjukan angka 20 psi, kemudian stop. (lakukan berulang-ulang jangan langsung isi sampai 20 psi agar compressor tidak cepat panas) chek juga ampere compressor dengan clamp meter/tang ampere.

           Lihat sudah berapa tekanan freon yg sudah kita isi, sambil mendengarkan apakah ada desiran aliran freon dievaporator, bila ada berarti aliran freon berjalan lancar, isi kembali sampai evaporator rata dipenuhi salju(ini untuk lemari es satu pintu). Untuk lemari es dua pintu kita bisa melihatnya dari hembusan fan motornya dibagian pintu atas bila sudah mengeluarkan kabut berarti proses pendinginannya sudah maksimal.

           Untuk pengisian freon lemari es tidak dapat dilakukan secara cepat dan mudah seperti mengisi freon pada ac split dan dibutuhkan kesabaran bila ternyata setelah kita isi satu jam kemudian aliran freon mengalami kebuntuan. Untuk mengetahui lemari es yg mengalami kebuntuan, sewaktu kita melakukan pengisian freon dan manifold sudah menunjukan tekanan 10 psi lalu cabut steker lemari es dan lihat apa jarum manifold naik keatas melebihi dari 10 psi? bila jarum dapat naik keatas berarti aliran freon pada sistem berjalan lancar.

1 komentar:

Chawanx Service

map gan saya mau tanya untuk kulkas sekarang menggunakan pipa besi bagai mana cara menyambung tembaga dari komplesor mohon pncerahan nya

Posting Komentar