* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin

Tip Pemasangan AC Ruang Yang Baik

On 0 komentar


Pemasangan AC Ruang sangat menetukan kualitas kedinginan dan keawetan AC Ruang, untuk itu bagi anda yang ingin memasang AC Ruang baru atau 2nd dan ingin merawatnya, maka mulailah dari posisi pemasangan, sebab pemasangan yang kurang baik walaupun anda melakukan perawatan cleaning service secara teratur tetap saja AC Ruang anda tidak akan bertahan lama, berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika pemasangan AC Ruang:
  1. Posisi Indoor Unit
    posisi indoor unit harus terletak minimal 15 cm dari atap ini bertujuan agar sirkulasi udara lehih baik sebab udara yang ditiupkan oleh indoor unit dihisap dari bagian atas dan depan indoor unit jadi kalau bagian atas tertutup atap akan sangat mengurangi kualitas pendinginan. Kemudian yang perlu diperhatikan dari pemasangan indoor unit adalah barang yang terletak dibawahnya, jangan memasang indoor unit yang bawahnya sumber listrik, alat elektronik, komputer, dan alat-alat yang tidak boleh terkena air ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila AC Ruang dalam kondisi kotor dan air akan menetes dari indoor unit. Kemudian jangan mengarahkan hembusan udara dingin langsung mengenai tubuh hal ini dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan kurang baik untuk pernafasan.
  2. Posisi Outdoor Unit
    posisi outdoor unit sangat menentukan keawetan AC Ruang sebab sebagian besar mesin AC Ruang terletak pada outdoor unit, oleh karena itu pemasangan outdoor unit harus lebih rendah minimal 30 cm antara nepel (sambungan pipa) indoor dan outdoor hal ini bertujuan agar oli mesin akan selalu kembali ke outdoor unit, sebab oli kompresor akan ikut bersirkulasi bersama refrigran, jika outdoor lebih tinggi maka oli kompresor dalam 1-2 tahun akan berpindah ke indoor unit dan tidak dapat kembali ke outdoor unit, oli yang berada di indoor unit akan menghalangi penghisapan hawa panas selain itu menyebabkan kompresor kekurangan oli dan lama-kelamaan akan menyebabkan kompresor rusak. Kemudian hal yang tidak kalah pentingnya dalam pemasangan outdoor adalah posisi outdoor minimal 50cm dari depan, 20 cm dari belakang atau kalau memungkinkan ditempat yang mempunyai sirkulasi udara yang baik.
  3. Pipa Penghubung Outdoor-Indoor
    pipa penghubung harus diperhatikan sebab jika pipa sampai bengkok ini akan mengganggu sirkulasi refrigran. Panjang pipa penghubung yang paling baik antara 3 meter sampai 6 meter (ini adalah panjang ideal) namun jika tidak memungkinkan bisa ditambah hingga 9 meter sampai 12 meter (tergantung daya AC Ruang)
    jika kurang dari 3 meter sebaiknya pipa penghubung digulung dibelakang outdoor sehingga mencapai 3 meter.
  4. Jalur Pembuangan Air
    jalur pempbuangan air juga harus diperhatikan sebab jika tidak benar air akan menetes dari indoor unit hal ini membuat tidak nyaman, oleh karena itu saat kita membuat jalur pembuangan air kita harus ingat bahwa air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat lebih rendah.

Demikianlah faktor teknis yang harus diperhatikan dalam pemasangan AC Ruang, faktor keindahan relatif untuk setiap orang jadi tempatkan AC Ruang anda sesuai keinginan anda tetapi tetap dalam keadaan yang aman bagi AC Ruang dan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar