* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin

ac gak dingin

On 0 komentar



AC itu gampang Om. Kalau tidak dingin penyebabnya:
1. bocor, tinggal lihat gas presurenya atau ketika baru isi freon akan dingin tetapi tidak lama kemudian (bisa jam/hari/bulan) tidak dingin lagi. mencari dimana yang bocorlah yang sulit karena bocornya bisa dibeberapa tempat bila kondisi ac sudah tua.
2. mampat, kalau tekanan dari salah satu pipa dari compressor (lupa pipa in atau out) tidak tinggi, biasanya montir akan menutup pipa ini pakai jari, kalau oli tidak sampai menyembur2, berarti ada yang mampat. mencari dimana yang mampatlah yang sulit, entah di tabung, expansion valve, compressor. mampat adalah kondisi wajar utk ac yg: jarang dipakai, tabung tidak pernah diganti, oli tidak pernah dikuras, compressor tidak pernah diservice. Utk hal ini kondisi dari komponen2 diatas harus dibersihkan.
3. evaporator kotor, ciri sebelum "macet total" adalah kalau ac tercium bau asam berarti evaporator mulai kotor dan sudah saatnya dibersihkan.
4. compressor yang lemah, tinggal dilihat tekanan kompresinya. kalau lapisan teflonnya (istilah saya sendirinya utk menyebut pelapis piston compressor yang berwarna abu-abu) sudah habis maka compressor sudah tidak bisa dipakai lagi.
5. expansion valve lemah, ciri expansion yg sudah lemah adalah tidak terdengarnya suara mendesis (cukup lama) ketika ac baru dinyalakan. expansion valve tidak bisa diperbaiki, banyak montir yang mencoba membersihkan dan menyetel, memang sebentar ac akan dingin tetapi tidak lama sudah tidak dingin lagi. gantilah pakai genuine part yg sesuai karena yg tidak genuine umurnya singkat sekali padahal ongkos membongkarnya mahal.
6. membeku, terlihat kasat matadari pipa yang membeku. pembekuan terjadi biasanya karena thermostat tidak bekerja baik, tekanan kurang, atau freon yang kurang.

0 komentar:

Posting Komentar