* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin

Kulkas dan cara kerja nya

On 0 komentar



Pada artikel sebelum nya telah kita bahas tentang bagaimana cara kerja kulkas 1pintu, untuk kesempatan kali ini saya hadirkan sebuah skema yang paling banyak diterapkan pada kulkas bebas bunga es atau no-frost.
Dengan rancangan sederhana ini membuat perbaikan saat terjadi kerusakan menjadi lebih mudah dari rancangan-rancangan lainnya, rancangan seperti ini pun sering ditiru untuk keperluan modifikasi pada kulkas dengan sistem pengaturan elektronik.
Pada kulkas dengan sistem bebas bunga es sakelar lampu memiliki satu fungsi tambahan yaitu sebagai sakelar untuk mengaktifkan kipas evaporator ( FM ) saat pintu kulkas tertutup, sedangkan fungsi lainnya sama seperti pada kulkas 1pintu yaitu sebagai 
sakelar lampu.
Perbedaan paling mencolok adalah dari ada nya empat komponen yang kini tidak pernah ditemukan lagi digunakan pada kulkas 1pintu sebagai  salah satu cara untuk mengurangi bunga es, keempat komponen tersebut yaitu :
1. Timer.
2. Heater.
3. Thermal fuse.
4. Thermodefrost.
keempat komponen ini bertugas untuk menjaga agar bunga es tidak menumpuk di evaporator yang bisa mengakibatkan terhalang nya hembusan atau tiupan udara yang di sirkulasi kan oleh kipas evaporator, disaat salah satu komponen tadi mengalami kerusakan kulkas umumnya hanya menjadi kurang dingin tetapi apabila kerusakan nya berasal dari timer bisa saja kompresor menjadi tidak berfungsi sehingga tidak dingin sama sekali.

0 komentar:

Posting Komentar