* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin

Service AC Ruang

On 0 komentar


Service AC Ruang merupakan Perawatan AC Ruang yang bertujuan untuk menjaga agar usia AC Ruang lebih panjang sebab AC Ruang sama halnya dengan motor atau mobil membutuhkan perawatan agar dapat bekerja secara maksimal, oleh karena itu kita perlu melakukan perawatan secara teratur, berikut ini tips merawat AC Ruang:
  1. Service Cleaning AC Ruang
    service cleaning merupakan service ringan dengan cara mencuci dengan air bertekanan meliputi indoor unit (evaporator, blower, filter, casing indoor unit) dan outdoor unit (kondensor, fan, casing outdoor unit). Ini bertujuan agar kualitas udara tetap bersih dan AC Ruang dapat menghisap hawa panas melalui evapurator dan membuangnya melalui kondensor dengan sempurna sehingga kompresor tidak bekerja terlalu berat. Yang perlu diperhatikan saat melakukan service cleaning adalah jangan sampai air mengenai rangkaian pada AC Ruang. Alat yang digunakan untuk service cleaning adalah jet cleaner. Biasanya service cleaning dilakukan setiap 2 bulan sampai 4 bulan sekali tergantung pemakaian.
  2. Pemasangan MCB
    fungsi MCB sebagai pengaman hubung singkat jadi pemasangan MCB pada AC Ruang bertujuan untuk mengamankan AC Ruang pada saat terjadi hubung singkat dengan cara memutuskan sumber listrik sehingga AC Ruang tidak terbakar.
  3. Pengecekan Arus dan Tegangan
    pengecekan arus dan tegangan bertujuan untuk mengetahui kinerja dan memastikan suplay energi listrik pada AC Ruang supaya kita segera mengetahui kerusakan pada AC Ruang sebelum kerusakan itu menjadi parah. Alat yang digunakan adalah tang ampere dan volt meter. Pengecekan arus dan tegangan biasanya dilakukan bersamaan service cleaning.
  4. Pengecekan Tekanan Refrigran
    pengecekan tekanan refrigran atau yang sering disebut juga pengecekan tekanan freon bertujuan agar refrigran yang ada didalam AC Ruang selalu dalam jumlah yang normal. Sebab apa bila refrigran kurang atau terlalu banyak dapat merusak kompresor dan pendinginan kurang maksimal. Alat yang digunakan mengukur tekanan refrigran adalah manifold. Pengecekan refrigran biasanya dilakukan bersamaan dengan service cleaning.
Demikianlah beberapa cara perawatan AC Ruang secara sederhana atau service ringan yang bertujuan menjaga keawetan AC Ruang dan menjaga agar kinerja AC Ruang tetap maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar