* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin

cara flusing ac split

On 0 komentar

FLUSHING (Membersihkan Jalur pipa AC,Indoor & outdoor)


AC yang pernah mengalami kebocoran di pipa-pipa biasanya akan menyebabkan oli pada kompresor naik ke jalur pipa dan mengendap pada indoor juga pada pipa, endapan oli inilah yang mengakibatkan sirkulasi freon menjadi tidak lancar walaupun kebocorannya sudah dapat teratasi, AC tidak akan dapat mencapai suhu 20 c , ada cara untuk mengembalikan AC kembali normal seperti baru yaitu dengan cara di Flushing
bagaimana cara mengatasi Ac mampet??
sebelum kita memvonis AC mampet terlebih dahulu kita kenali dulu gejala-gejala yang timbul akibat AC mampet.
1. Ukur dengan Manifold gauge, jarum pada manifold tidak stabil (kadang naik turun)
2. Terdengar suara berisik (suara desiran air)pada indoor
bila terdapat gejala tsb segera hub service AC terdekat karena bila di biarkan akan mengakibatkan kompresor rusak.

Cara Flushing
Mengatasi AC mampet
• Bersihkan AC dan jalur pipa yang menghubungkan antara ke indoor dengan cara di Flushing. Cara Flushing AC : - pasang manifold, selang kuning pada pipa yang akan di flushing (pipa kecil) hubungkan selang warna biru pada tabung freon Gunakan freon R11 untuk mengangkat oli ataupun kotoran yang mengendap pada jalur pipa, pasang selan warna merah pada tabung freon R22, buka tabung R11 dan kran (terbuka penuh) agar R11 dapat mengalir ke dalam pipa, setelah R11 masuk kedalam pipa tutup kembali kran dan tabung R11, lanjutkan dengan membuka tabung freon R22 dan kran selang warna merah untuk mendorong R11, tutup dengan tangan pada pipa besar tekan dengan kuat sampai bertekanan tinggi kemudian lepas dan tutup lagi, oli akan larut dengan R11 (lakukan berulang-ulang hingga tidak ada sisa freon R11). lakukan cara tsb sampai benar-benar tidak ada lagi oli pada jalur pipa.
 Flushing Outdoor dengan R11. Cutting pipa highpres & lowpres yang terhubunng ke kompresor (untuk menghindari R11 masuk kedalam kompresor) kemudian lakukan flushing seperti cara di atas, jangan lupa ganti filter dan pipa kapiler dengan yang baru.
Setelah AC di flahing outdoor & indoor juga jalur pipa yang menghubungkan keduanya pasang kembali AC sebelum di isi freon lakukan vakum pada kompresor agar tidak ada udara yang terjebak di dalamnya yang mengakibatkan AC tidak akan dingin walaupun sudah di flushing.
bila cara tersebut susah untuk di lakukan jalan satu-satunya membeli AC yang baru pasti dingin nya mak nyosss..

0 komentar:

Posting Komentar