T oday, seperti kita mengendarai mobil kami, yang besar banyak dari kita, dapat menikmati tingkat kenyamanan yang sama yang kita terbiasa di rumah dan di tempat kerja. Dengan menekan sebuah tombol atau tuas slide, kami melakukan transisi mulus dari pemanasan untuk pendinginan dan kembali lagi tanpa pernah bertanya-tanya bagaimana perubahan ini terjadi. Artinya, kecuali sesuatu yang serba salah.
(Pasal Terus di bawah)
(Pasal Terus di bawah)
S ejak munculnya sistem pengkondisian udara otomotif di tahun 1940-an, banyak hal telah mengalami perubahan yang luas. Perbaikan, seperti suhu kontrol otomatis terkomputerisasi (yang memungkinkan Anda untuk mengatur suhu yang diinginkan dan memiliki sistem yang mengatur secara otomatis) dan perbaikan daya tahan keseluruhan, telah menambahkan kompleksitas sistem AC modern hari ini.Sayangnya, hari-hari "do-it-yourself" perbaikan sistem ini, hampir sesuatu dari masa lalu.
T o menambah komplikasi, kita sekarang memiliki peraturan lingkungan hidup sulit yang mengatur sangat sederhana tugas, seperti mengisi ulang sistem dengan R12 pendingin biasanya disebut sebagai freon ® (freon adalah nama dagang untuk refrigeran R-12, yang diproduksi oleh DuPont). ilmiah penelitian ekstensif telah membuktikan dampak merusak dari refrigeran ini lapisan ozon kita, dan pembuatannya telah dilarang oleh AS dan negara-negara lain yang telah bergabung bersama untuk menandatangani Protokol Montreal, perjanjian penting yang diperkenalkan pada tahun 1980-untuk membatasi produksi dan penggunaan bahan kimia yang dikenal untuk menguras lapisan ozon.
ow N lebih dari sebelumnya, montir mobil Anda di rahmat ini undang-undang lingkungan yang baru.Tidak hanya dia perlu disertifikasi untuk membeli pendingin dan memperbaiki AC anda, tokonya juga harus menanggung biaya pembelian peralatan khusus yang mahal yang menjamin penangkapan ini ozon depleting bahan kimia, sebaiknya sistem akan dibuka untuk diperbaiki. Sederhananya, jika mekanik Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk memperbaiki kendaraan Anda - dia akan harus menagih Anda lebih. pengetahuan dasar sistem pengkondisian udara Anda adalah penting, karena hal ini akan memungkinkan Anda untuk membuat keputusan informasi lebih lanjut tentang pilihan perbaikan Anda.
S hould masalah besar timbul dari AC Anda, Anda mungkin menemukan istilah baru. Kata-kata seperti "retrofit" dan "refrigeran alternatif" sekarang dalam glossary mekanika Anda. Anda mungkin diberi pilihan "perkuatan", dibandingkan dengan hanya memperbaiki dan pengisian kembali dengan freon.Retrofitting melibatkan membuat perubahan yang diperlukan untuk sistem anda, yang akan memungkinkan untuk menggunakan industri baru diterima, "ramah lingkungan" refrigeran, R-134a. Ini refrigeran baru memiliki tekanan operasi yang lebih tinggi, karena itu, sistem anda, tergantung pada usia, mungkin memerlukan lebih kuat bagian atau lebih besar untuk melawan melekat karakteristik tinggi tekanannya. Hal ini, pada beberapa kasus, akan menambah secara signifikan untuk biaya akhir perbaikan. Dan jika tidak dilakukan dengan benar, dapat mengurangi efisiensi pendinginan yang setara dengan biaya operasional yang lebih tinggi dan kenyamanan berkurang.
ehicles V yang ditemukan memiliki terutama tiga jenis sistem pendingin udara. Sementara masing-masing tiga tipe berbeda, konsep dan desain yang sangat mirip satu sama lain. Yang umum komponen yang paling yang membentuk sistem ini otomotif adalah sebagai berikut:
KOMPRESOR , KONDENSOR , EVAPORATOR , orifice TUBE , EKSPANSI THERMAL VALVE , RECEIVER-kering ,AKI :. Catatan jika mobil Anda memiliki tabung Orifice, itu tidak akan memiliki Thermal Expansion Valve sebagai kedua perangkat melayani tujuan yang sama. Juga, Anda akan memiliki Receiver-pengering atau aki, tapi tidak keduanya.
KOMPRESOR
Sering disebut sebagai jantung dari sistem, kompresor adalah didorong pompa sabuk yang diikat ke mesin. Hal ini bertanggung jawab untuk mengompresi dan mentransfer gas refrigeran.
A / C sistem terbagi menjadi dua sisi, sisi tekanan tinggi dan sisi tekanan rendah; didefinisikan sebagai discharge dan suction. Karena pada dasarnya kompresor pompa, ia harus memiliki sisi asupan dan sisi discharge. Asupan, atau sisi isap, menarik dalam gas refrigeran dari outlet evaporator. Dalam beberapa kasus, hal ini melalui akumulator .
Setelah refrigeran ditarik ke sisi isap, hal ini dikompresi dan dikirim ke kondensor , di mana ia kemudian dapat mentransfer panas yang diserap dari dalam kendaraan.
KONDENSOR
Ini adalah daerah di mana pembuangan panas terjadi. kondensor, dalam banyak kasus, akan memiliki banyak penampilan yang sama seperti radiator pada mobil Anda sebagai dua memiliki fungsi yang sangat mirip. kondensor ini dirancang untuk memancarkan panas. Lokasinya biasanya di depan radiator, namun dalam beberapa kasus, karena perbaikan aerodinamis ke badan kendaraan, lokasinya mungkin berbeda. Kondensor harus memiliki aliran udara yang baik setiap saat sistem beroperasi.Pada kendaraan penggerak roda belakang, ini biasanya dicapai dengan mengambil keuntungan dari engine yang sudah ada kipas pendingin Anda. Pada kendaraan penggerak roda depan, kondensor aliran udara dilengkapi dengan satu atau lebih kipas pendingin listrik (s).
Sebagai gas dikompresi panas dimasukkan ke bagian atas kondensor, mereka mendingin. Sebagai gas mendingin, itu mengembun dan keluar dari bawah kondensor sebagai cairan tekanan tinggi.
.
EVAPORATOR
Terletak di dalam kendaraan, evaporator berfungsi sebagai komponen penyerapan panas. evaporator ini menyediakan beberapa fungsi. tugas utamanya adalah untuk menghilangkan panas dari bagian dalam kendaraan Anda. Satu manfaat sekunder adalah dehumidification. Seperti udara yang lebih hangat perjalanan melalui sirip aluminium kumparan evaporator pendingin, uap air yang terkandung di udara mengembun pada permukaannya. Debu dan serbuk sari melewati menempel pada permukaan basah dan mengalirkan ke luar. Pada hari-hari lembab Anda mungkin telah melihat ini sebagai air menetes dari bagian bawah kendaraan Anda. Yakinlah ini adalah normal.
Suhu evaporator ideal adalah 32 ° Fahrenheit atau 0 ° Celcius. Refrigerant memasuki bagian bawah evaporator sebagai cairan tekanan rendah. Udara hangat yang melewati sirip evaporator menyebabkan refrigeran mendidih (refrigeran memiliki titik didih yang sangat rendah). Sebagai pendingin mulai mendidih, dapat menyerap sejumlah besar panas. Panas ini kemudian dibawa dengan refrigerant ke luar kendaraan. Beberapa komponen lainnya bekerja sama dengan evaporator. Sebagaimana disebutkan di atas, suhu yang ideal untuk kumparan evaporator 32 ° F. Suhu dan mengatur perangkat tekanan harus digunakan untuk mengendalikan suhu. Meskipun ada banyak variasi perangkat yang digunakan, fungsi utama mereka adalah sama; menjaga tekanan di evaporator rendah dan menjaga evaporator dari pembekuan; Sebuah kumparan evaporator beku tidak akan menyerap banyak panas.
MENGATUR TEKANAN PERANGKAT
Mengontrol suhu evaporator dapat dicapai dengan tekanan refrigeran mengontrol dan mengalir ke evaporator. Banyak variasi tekanan regulator telah diperkenalkan sejak 1940-an. Tercantum di bawah ini, yang paling sering ditemukan.
Lubang TUBE
Tabung orifice, mungkin yang paling umum digunakan, dapat ditemukan di sebagian besar GM dan model Ford. Hal ini terletak di inlet tabung evaporator, atau di garis cair, di suatu tempat antara outlet kondensor dan evaporator inlet. Hal ini dapat ditemukan dalam sistem yang berfungsi dengan baik dengan menempatkan daerah antara outlet kondensor dan masuk dari evaporator yang tiba-tiba membuat perubahan dari panas ke dingin. Anda kemudian akan melihat lesung kecil ditempatkan pada garis yang menjaga tabung lubang dari bergerak. Sebagian besar tabung orifice pada hari ini menilai penggunaan sekitar tiga inci panjang dan terdiri dari sebuah tabung kuningan kecil, dikelilingi oleh plastik, dan ditutup dengan layar filter pada setiap akhir. Hal ini tidak biasa bagi tabung tersebut menjadi tersumbat dengan puing-puing kecil. Sementara murah, biasanya antara tiga sampai lima dolar, tenaga kerja untuk menggantikan refrigeran melibatkan pulih, membuka sistem atas, menggantikan tabung orifice, mengevakuasi dan kemudian pengisian. Dengan pemikiran ini, mungkin masuk akal untuk menginstal pre filter yang lebih besar di depan tabung orifice untuk meminimalkan risiko masalah ini reoccurring. Beberapa model Ford memiliki lubang tabung ditempelkan permanen di garis cair. Ini dapat dipotong dan digantikan dengan kombinasi filter / lubang perakitan.
EKSPANSI TERMAL VALVE
Regulator lainnya refrigeran umum adalah katup ekspansi termal, atau TXV. Umumnya digunakan pada dan aftermarket sistem impor. Jenis katup bisa merasakan suhu dan tekanan, dan sangat efisien dalam mengatur aliran refrigeran ke evaporator. Beberapa variasi katup ini sering ditemukan. Contoh lain dari katup ekspansi termal Chrysler "blok H" jenis. Jenis valve biasanya terletak di firewall, antara inlet outlet evaporator dan tabung dan cair dan garis hisap. Jenis katup, meskipun efisien, memiliki beberapa kelemahan atas sistem tabung lubang. Seperti tabung lubang katup ini dapat menjadi tersumbat dengan puing-puing, tetapi juga memiliki bagian yang bergerak kecil yang mungkin menempel dan kerusakan akibat korosi.
PENERIMA-kering
Penerima-alat ini digunakan pada sisi yang tinggi dari sistem yang menggunakan katup ekspansi termal. Jenis katup metering memerlukan refrigeran cair. Untuk memastikan bahwa katup mendapat refrigeran cair, penerima digunakan. Fungsi utama dari kering-penerima adalah untuk memisahkan gas dan cairan. Tujuan sekunder adalah membuang kelembaban dan menyaring kotoran. Penerima-kering biasanya memiliki kaca pemandangan di atas. Kaca mata ini sering digunakan untuk mengisi sistem.Dalam kondisi normal, gelembung uap tidak boleh terlihat di kaca mata. Penggunaan kaca penglihatan untuk mengisi sistem ini tidak dianjurkan pada sistem R-134a sebagai mendung dan minyak yang telah dipisahkan dari refrigerant bisa keliru untuk gelembung. Jenis kesalahan dapat menyebabkan kondisi membayar lebih berbahaya. Ada variasi penerima-pengering dan beberapa bahan pengering yang berbeda sedang digunakan. Beberapa kelembaban menghapus Bahan Mencetak Tekstil ditemukan dalam tidak kompatibel dengan R-134a. Jenis pengering biasanya diidentifikasi pada sebuah stiker yang ditempelkan pada kering-penerima. Receiver baru-pengering menggunakan jenis pengering XH-7 dan kompatibel dengan kedua-R 12 dan refrigeran R-134a.
AKI
Akumulator digunakan pada sistem yang mengakomodasi tabung orifice untuk refrigeran meter ke evaporator. Hal ini terhubung langsung ke outlet evaporator dan refrigeran toko kelebihan cairan. Pengenalan refrigeran cair ke kompresor dapat melakukan kerusakan serius. Kompresor dirancang untuk kompres gas tak cair. Peran utama akumulator adalah mengisolasi compressor dari cairan refrigerant merusak. Akumulator, seperti penerima-pengering, juga menghilangkan kotoran dan kelembaban dari sistem. Ini adalah ide yang baik untuk menggantikan akumulator setiap kali sistem ini terbuka bagi perbaikan besar saja dan kapan saja kelembaban dan / atau puing-puing adalah perhatian. Kelembaban adalah musuh nomor satu untuk / sistem anda A C.Uap air dalam suatu sistem campuran dengan zat pendingin dan membentuk asam korosif. Jika ragu, mungkin untuk keuntungan Anda untuk mengubah aki atau penerima dalam sistem Anda. Meskipun ini mungkin ketidaknyamanan sementara bagi dompet Anda, itu adalah manfaat jangka panjang untuk sistem pengkondisian udara Anda.
0 komentar:
Posting Komentar