* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin



Beberapa bangunan di New York mempunyai metode alternatif untuk mengurangi pemakaian energi listrik yang diperuntukkan bagi penggunaan air conditioner. 

Metode yang digunakan adalah dengan memanfaatkan balok-balok es untuk mendinginkan udara yang masuk ke dalam bangunan. 

Sistem tersebut bisa menghemat biaya, mengurangi beban yang harus ditanggung jaringan listrik pada musim panas dan juga mengurangi polusi udara. Sistem tersebut setara dengan mengurangi 223 mobil di jalanan atau menanam 1,9 juta pohon untuk menyerap karbon dioksida yang diakibatkan oleh penggunaan listrik selama setahun. 

Sebagai contoh, sistem tersebut telah digunakan di perkantoran Credit Suisse di Manhattan. Listrik yang ada digunakan untuk membuat balok es di dalam sebuah tangki besar pada malam hari. Pertimbangan penggunaan waktu malam hari adalah kebutuhan listrik biasanya rendah pada malam hari. 

Udara dingin yang dihasilkan balok es tersebut dialirkan melalui pipa seperti pada sistem pengaturan udara tradisional. Pada malam hari, es yang mencair dibekukan kembali dan siklus tetap berulang pada keesokan harinya. 

Tempat penyimpanan es yang dimiliki Credit Suisse mampu mendinginkan ruangan-ruangan kantor seluas kurang lebih 190 ribu meter persegi di gedung tersebut. Gedung bersejarah tertinggi sebelum adanya Empire State Building. 

Di lantai ke 4 (lantai paling dasar) ruang bawah tanah gedung tersebut terdapat tiga ruang mesin  pendingin dan 64 tangki yang masing-masing menampung 800 galon air. Meskipun menggunakan sistem pengaturan udara yang tradisional, tetapi para ahli yang mendesainnya menggunakan sistem yang lebih efisien. Pembangunan konstruksi sistem tersebut membutuhkan waktu empat bulan. 

Para ahli yang disewa Credit Suisse menyatakan bahwa perusahaan tersebut bisa menghemat jutaan dolar hanya untuk biaya listrik yang digunakan. Credit Suisse bisa menghemat 900 kilowatt pada beban puncak gedung tersebut. Sementara, total penghematan mencapai 2,15 juta kilowatt per tahun. Jumlah yang cukup untuk melistriki kurang lebih 200 rumah. 

Teknologi tersebut tidak begitu saja bisa diterapkan pada setiap bangunan kantor. Harus tersedia ruangan untuk menempatkan tangki-tangki besar. Dan biaya untuk instalasi sistem tersebut juga menjadi pertimbangan. Sebagai contoh Credit Suisse telah menghabiskan biaya sebesar US$ 3 juta untuk merenovasi sistem pendinginan ruangan perkantorannya. Artinya, teknologi tersebut sesuai untuk perusahaan besar.





SISTEM PENDINGIN MESIN
Sistem pendinginan dalam mesin kendaraan adalah suatu sistem yang berfungsi untuk menjaga supaya temperatur mesin dalam kondisi yang ideal. Mesin pembakaran dalam (maupun luar) melakukan proses pembakaran untuk menghasilkan energi dan dengan mekanisme mesin dirubah menjadi tenaga gerak. Mesin bukan instrumen dengan efisiensi sempurna, panas hasil pembakaran tidak semuanya terkonversi menjadi energi, sebagian terbuang melalui saluran pembuangan dan sebagian terserap oleh material disekitar ruang bakar. Mesin dengan efisiensi tinggi memiliki kemampuan untuk konversi panas hasil pembakaran menjadi energi yang dirubah menjadi gerakan mekanis, dengan hanya sebagian kecil panas yang terbuang. Mesin selalu dikembangkan untuk mencapai efisiensi tertinggi, tetapi juga mempertimbangkan faktor ekonomis, daya tahan, keselamatan serta ramah lingkungan.

Proses pembakaran yang berlangsung terus menerus dalam mesin mengakibatkan mesin dalam kondisi temperatur yang sangat tinggi. Temperatur sangat tinggi akan mengakibatkan desain mesin menjadi tidak ekonomis, sebagian besar mesin juga berada di lingkungan yang tidak terlalu jauh dengan manusia sehingga menurunkan faktor keamanan. Temperatur yang sangat rendah juga tidak terlalu menguntungkan dalam proses kerja mesin. Sistem pendinginan digunakan agar temperatur mesin terjaga pada batas temperatur kerja yang ideal.

Prinsip pendinginan adalah melepaskan panas mesin ke udara, tipe langsung dilepaskan ke udara disebut pendinginan udara (air cooling), tipe menggunakan fluida sebagai perantara disebut pendinginan air.(Wikipedia)

SPAREPART/ONDERDIL PENDINGIN MESIN :

- Radiator
- Selang radiator atas bawah
- Waterpump
- Inlet/Outlet waterpump
- Motor Radiator
- Kipas Radiator
- Motor Extrafan AC
- Kipas Extrafan AC
- Pipa by pass
- Selang Bypass
- Selang U dan selang kecil lainya yang isinya air
- Switch Fan
- Relay Fan
- Oli mesin

Mengingat keterbatasan tersedianya sumber energi konvensional terutama minyak bumi serta gas CO2 yang dihasilkan dari pembakaran minyak bumi berdampak buruk terhadap lingkungan, maka pemerintah Indonesia mengupayakan suatu kebijaksanaan untuk mengurangi peranan energi konvensional dan meningkatkan peranan jenis energi lain dalam memenuhi kebutuhan enrgi nasional. Diantaranay dengan mengadakan berbagi penelitian dan pengkajian terhadap pemanfaatan enrgi non konvensional seperti energi surya, energi biomassa, enrgi angin dan energi air. Salah satu penggunaan energi yang cukup besar yaitu pada proses pendinginan hasil pertanian.
Pemilihan cara penanganan lepas panen produk pertanian yang meliputi pengangkutan, pengemasan, dan mpenyimpanan sangat berperean dalam mempertahankan mutu produk pertanian, terutama untuk memenuhi kebutuhan produk pertanian dalam keadaan segar dan jumlah yang cukup besar. Untuk mempertahankan nilai ekonomi produk pertanian, berbagai cara dapat dilakukan diantaranya dengan pengeringan, pengalenmgan, dan pendinginan.

Gbr. Pendingin dengan sistem termolektrik
Pendinginan sudah lama dikenal sebagai salah satu metode untuk memeperthankan  mutu bahan pangan. Umur simpan bahan pangan (pertnian) untuk dikonsumsi dapat diperpanjang dengan penurunan suhu, karena dapat menurunkan aktivitas enzimatik dan reaksi kimiawi oleh mikroba. Salah satu jenis mesin pendingin yang umum digunakan pada zaman sekarang adalah mesin pendingin kompresi uap. Mesin pendingin ini bekerja secara mekanik denagn perpindahan panas dilakukan dengan memanfaatkan sifat refrigeran yang berubah dari fase cair ke fase gau (uap) kemudian ke fase cair kembali secara berulang. Namun penggunaan refrigeran terutama yang mengandung Klor (Cl) seperti Freon atau CFC, ternyata tidak ramah lingkungan. Zat-zat tadi selain dapat merusak lapisan ozon di atmosfer bumi, juga berdampak terhadap pemanasan global. Selain itu, di masa mendatang diperkirakan kebutuhan enrgi akan semakin meningkat, sehingga diperlukan suatu energi alternatif yang dapt dimanfaatkan untuk menjalankan suatu sistem pendinginan.
Termoelektrik atau elemen dispenser bisa digunakan sebagai pendingin atau refrigeran. Jika material termoelektrik dialiri arus listrik, panas yang ada di sekitarnya akan diserap dan dilepaskan pada bagian yang lain. Dengan demikian, untuk mendinginkan udara tidak diperlukan kompresor pendingin seperti halnya mesin-mesin pendingin konvensional.

gbr. Termoeltrik atau elemen dispenser
Walaupun perancangan refrigeran yang menggunakn termoelektrik ini cukup mahal. Tapi termoelektrik ini termasuk ramah lingkungan. Dan bisa menjadi salah satu energi alternatif jika sumber energi listrik yang dihasilkan dari pengkonversian energi surya menjadi listrik melalui Fotovoltaik.



Pengosongan atau evacuating, sering di sebut juga dengan vacuum atau dehydrating yaitu mengosongkan atau menghampakan mekanik sitem refrigerasi pada unit refrigerator, Misalnya : Frezer, AC Window, AC Split, Split duct, AC celling, AC Cassete, AC Central, Floor standing, maupun Cold Storage dari udara, uap air dan partikel-partikel lain yang tidak di kehendaki di dalam system . Di dalam system ini hanya berisi refrigerant tidak boleh bercampur dengan udara ataupun yang lainnya.

Bila di dalam system sirkulasi udara ini telah bercampur dengan Udara maka di dalam system akan menyebabkan kenaikan tekanan. Kotoran akan membuat system tersumbat dan uap air akan menyebabkan korosi serta pada gulungan motor compressor terkupas dan menyebabkan motor terbakar.

Udara tidak dapat mengembun di dalam sistem pada tekanan dan temperatur dan tekanan pengembunan yang sama dengan refrigerant. Oleh karena itu udara akan mempertinggi temperatur dan tekanan pada saluran discharge. Dengan tekanan yang demikian tinggi akan mempengaruhi kondisi pada bagian sisi rendah , karena tekanan yang tinggi pada sisi tinggi akan terbawa pada bagian sisi rendah dan menyebabkan temperature pada sisi rendah menjadfi tinggi. Pada keadaan ini temperature temperatur di sekitar sisi rendah juga akan menjadi tinggi dengan kata lain temperatur ruang akan menjadi tinggi. contohnya : Bila kita ukur dengan manifold ( alat ukur AC) Jarum sudah menunjuk pada angka 65 psi tetapi temperature ruang masih tinggi, bisa di pastikan refrigerant tercampur dengan udara alhasil AC tidak dingin.

Udara juga akan menyebabkan persenyawaan dengan minyak pelumas pada kompresor, persenyawaan ini akan menimbulkan gangguan pada compressor.

Pada setiap penggantian komponen mekanik Refrigerator Frezer, AC Window, AC Split, Split duct, AC celling, AC Cassete, AC Central, Floor standing harus di lakukan pemakuman (vacuum), pengosongan atau pemakuman yang paling baik adalah dengan menggunakan “Deep Vacuum” yaitu dengan menggunakan pompa vacuum hingga ke tingkat kevakuman di dalam system akan mencapai 30”Hg, Vacuum pada tingkat kevakuman seperti ini seluruh partikel atau zat di dalam mekanik 99,9 % habis terbuang. Namun jangan khawatir bila belum mempunyai mesin vakum masih bisa di lakukan dengan pemakuman manual atau Body Vacuum dan ingat hanya untuk di gunakan AC split 0,5 – 1,5 pk diatas ukuran tsb gunakan pompa vacuum bila terjadi kerusakan bukan tanggung jawabwab kami.

Compressor Ac Sanyo
Negara Asal:Indonesia
Kemas & Pengiriman:Packing Dus
Keterangan:Compressor Sanyo Rotary
1/ 2 pk
3/ 4 pk
1 pk
1, 5 pk
2 pk
2, 5 pk
3 pk





Compressor Mitsubishi
Negara Asal:Jepang
Kemas & Pengiriman:Packing Palet
Keterangan:Compressor Mitsubishi Type: 
JH 512 ( 5 pk ) 
JH 521 ( 7, 5 pk ) 
JH 527 ( 10 pk )







Compressor Copeland
Negara Asal:Amerika Serikat
Kemas & Pengiriman:Dus / Palet
Keterangan:Compressor Copeland Piston Type : 
CR-37
CR-47
CR-53
CRNQ-0500






Compressor Copeland
Negara Asal:Amerika Serikat
Kemas & Pengiriman:Dus / Palet
Keterangan:Compressor Copeland Piston Type : 
CR-37
CR-47
CR-53
CRNQ-0500





Compressor Copeland Piston
Negara Asal:Amerika Serikat
Kemas & Pengiriman:Packing Palet
Keterangan:Compressor Copeland Piston Type: 
QR-85 ( 7 pk ) 
QR-90 ( 7, 5 pk ) 
QR-11 ( 9 pk ) 
QR-12 ( 10 pk ) 
QR-15 ( 12 pk )




Compressor Danfoss / Maneurop Scroll
Negara Asal:Perancis
Kemas & Pengiriman:Packing Palet
Keterangan:Compressor Maneurop Scroll Type : 
SM-100
SM-120
SM-148
SM-120
SM-161
SM-185



 Oil Separator Alco
Kemas & Pengiriman:Dus
Keterangan:Oil Separator Type : 
1/ 2" ( A-W 5582 4 ) 
5/ 8" ( A-W 5585 5 ) 
7/ 8" ( A-W 5587 7 ) 
1 1/ 8" ( A-W 5588 9 ) 
1 3/ 8" ( A-W 5590 11 ) 
1 5/ 8" ( A-W 5692 13 ) 
2 1/ 8" ( A-W 5694 17 ) 
* * * * * * * * * * * * * 
7/ 8" ( A-F 5887 7 ) 
1 1/ 8" ( A-F 5888 9 ) 
1 3/ 8" ( A-F 5890 11 ) 
1 5/ 8" ( A-F 5892 13 )
Expansi Sporlan
Kemas & Pengiriman:Dus
Keterangan:Expansi Valve Sporlan Type : 
FBV 1 1/ 2 - CP 100 ( 1, 5 Ton ) 
FBV 1 1/ 2 - CP 100 ( 2 ton ) 
FVE 3 - C ( 3 Ton ) 
FVE 5 - C ( 5 Ton ) 
FVE 5 - CP 100 ( 5 Ton ) 
SVE 8 - CP 100 ( 8 Ton ) 
SVE 10- CP 100 ( 10 Ton )




Expansi Sporlan
Kemas & Pengiriman:Dus
Keterangan:Expansi Valve Sporlan Type : 
FBV 1 1/ 2 - CP 100 ( 1, 5 Ton ) 
FBV 1 1/ 2 - CP 100 ( 2 ton ) 
FVE 3 - C ( 3 Ton ) 
FVE 5 - C ( 5 Ton ) 
FVE 5 - CP 100 ( 5 Ton ) 
SVE 8 - CP 100 ( 8 Ton ) 
SVE 10- CP 100 ( 10 Ton )




Oil Compressor
Kemas & Pengiriman:Dus
Keterangan:Oil Compressor Merk Suniso Type
3GS Isi 4 Ltr
4GS Isi 4 Ltr
5GS Isi 4 Ltr














Filter Drier
Negara Asal:Meksiko
Kemas & Pengiriman:dus
Keterangan:Filter Drier Merk Emerson Type: 
1/ 4" … .EK 032 SAE
1/ 4" … .EK 052 SAE
3/ 8" … .EK 053 SAE
3/ 8" … .EK 083 SAE
1/ 2" … .EK 084 SAE
3/ 8" … .EK 163 SAE
1/ 2" … .EK 164 SAE
5/ 8" … .EK 165 SAE
1/ 2" … .EK 304 SAE
5/ 8" … .EK 305 SAE
Refrigerant Gas / Freon Refrigrant
Kemas & Pengiriman:Dus
Keterangan:Refrigerant Gas / Freon Merk Refrigrant Type : 
R.22 Rp. 300.000/ can ( Harga Promo Imlek ) 
R.134 A
R.404 A
R.502
R.407 C
R.410 A
R.123






Refrigerant gas / Freon Dupont
Kemas & Pengiriman:Dus
Keterangan:Refrigerant Gas / Freon Merk Dupont Type R.22, R.134 A, R.404 A, R.502, R.407 C, R.410 A, R.123, Etc.














Refrigerant gas / Freon Genetron
Kemas & Pengiriman:Dus
Keterangan:Refrigerant gas / Freon Merk Genetron Type R.22, R.404 A, R.410 A, R.134 A, Etc.


Refrigerant Gas / Freon Forane
Kemas & Pengiriman:Dus
Keterangan:Refrigerant gas / Freon Merk Forane Type R.22, R.134 A, R.404 A, R.410 A, R.502, R.407 C.













Compressor Kulkas
Negara Asal:Malaysia
Kemas & Pengiriman:Dus
Keterangan:Compressor Kulkas Merk Matsushita Type : 
FN 43....1/ 10
FN 51....1/ 8
FN 66....1/ 6
FN 73....1/ 5
FN 91....1/ 4
FN 110...1/ 3



Thermostat Honneywell
Kemas & Pengiriman:Dus
Keterangan:Thermostat Honneywell Type: 
T 6373
T 6360










Compressor Tecumseh
Negara Asal:Thailand
Kemas & Pengiriman:Dus
Keterangan:Compressor Tecumseh Type : 
AE 1332
AE 1336
AE 1343
AE 1360
AE 1380
AE 2410
AE 2415

Compressor Mitsubishi Rotary
Kemas & Pengiriman:Packing Dus
Keterangan:Compressor Mitsubishi Rotary Type : 
XLZ 357 ( R.12 ) 
XLZ 460 ( R.12 ) 
XLZ 586 ( R.12 ) 
YAZ 586 ( R.134 )
Hygrometer
Kemas & Pengiriman:Dus
Keterangan:Hygrometer Alat Untuk Mengukur Kelembapan Suatu Ruangan


















Thermometer Eliwell
Kemas & Pengiriman:Dus
Keterangan:Thermometer Eliwell .












Selenoid Valve
Kemas & Pengiriman:Dus
Keterangan:Selenoid Valve Castel Ukuran : 
1/ 4" 
3/ 8" 
1/ 2" 
5/ 8" 
3/ 4" 
7/ 8" 
1 1/ 8" 
1 3/ 8"









Kompresor
Merupakan bagian yang paling penting dari mesin pendingin, kompresor menekan bahan pendingin kesemua bagian dri system. Pada system refrigerasi kompresor bekerja membuat perbedaan tekanan pada masing – masing bagian. Karena dengan adanya perbedaan antara sisi tekanan tinggi dan tekanan rendah, maka bahan pendingin cair dapat melalui alat pengatur aliran ke evaporator.
Fungsi kompresor sendiri adalah menghisap gas refrigerant dari evaporator yang bertekanan dan bertemperatur rendah kemudian memampatkan gas tersebut menjadi gas yang bertekanan dan bertemperatur yang tinggi.
Kondensor
Kondensor adalah alat untuk membuat kondensasibahan pendingin gas dari kompresor dengan suhu tinggi dan tekanan tinggi. Untuk penempatanya sendiri, kondensor ditempatkan diluar ruangan yang sedang didinginkan, agar dapat membuang panasnya keluar. Kondensor merupakan jaringan pipa yang berfungsi sebagai pengembunan. Refrigerant yang yang dipompakan dari kompresor akan mengalami penekanan sehingga mengalir ke pipa kondensor, kemudian mengalami pengembunan. Dari sini refrigerant yang sudah mengembun dan menjadi zat cair akan mengalir menuju pipa evaporator.
Evaporator
Evaporator merupakan jaringan pipa yang berfungsi sebagai penguapan. Zat cair yang berasal dari pipa kondensor masuk ke evaporator lalu berubah wujud menjadi gas dingin karena mengalami penguapan. Selanjutnya udara tersebut mampu menyerap kondisi yang ada dalam ruangan mesin pendingin. Selanjutnya gas yang ada dalam evaporator akan mengalir menuju kompresor karena terkena tenaga hisapan.
Pengering
Pengering terdiri dari sebuah silinder yang beriai desikan. Desikan tersebut dibungkus dengan maksud untuk mempermudah saat penggantiannya. Fungsilain dari pembungkus desikan tersebut agar serbuk desikan yang halus tidak keluar dari pengering dan ikut larut bersama refrigerant. Sedangkan pengering sendiri berfungsi untuk menghilangkan uap air dari refrigerant.
Pipa kapiler atau ekspansi
Pipa kapiler adalah suatu pipa pada mesin pendinginyang mempunyai diameterpaling kecil jika dibandingkan dengan pipa – pipa yang lainya. Pipa kapiler ini biasanya berukauran diameter 0,8 – 2,0 mm dengan panjang kurang lebih 1 meter. Permasalahan yang sering timbul pada pipa kapiler ini adalah karena kebocoran atau tersumbat. Pipa kapiler berfungsi untuk menurunkan tekananan mengatur cairan refrigerant yang mengalir di pipa kapiler. Sebelum gas mengalir ke pipa kapiler harus melalui alat yang disebut dried stainer atau saringan.
Ekspansiberfungsi sama seperti pipa kapiler. Ekspansi disini sebagai pengontrol refrigerant yang mengalir dari pipa ke pipa lainya.


Setelah sistem air condition tak lagi terasa sejuk, umumnya pemilik mobil langsung berpikir soalberkurangnya freon. Dan biasanya pula mereka langsung mampir ke bengkel AC untuk sekedar mengisi cairan pembuat hawa dingin itu.
Pucuk dicita ulam pun tiba. Banyak bengkel AC yang memasang papan iklan di depan tempat usahanya dengan penawaran harga freon. Isi freon R 12, Rp 60 ribu dan R 134 Rp 130 ribu. Serupa memang dengan penawaran penjaja voucher pulsa telepon. Tapi sebetulnya amat berbeda antar kedua penjaja jasa itu.
Bila pulsa isi ulang selekas dibeli langsung kembali mengaktifkan ponsel, tidak demikian dengan jaminan serenta freon diisi lalu AC mobil akan kembali normal dan bisa sejuk sepanjang hari, minggu atau bulan-bulan ke depannya.
Soalnya pengisian freon yang salah jenis atau salah prosedur justru akan mendorong rangkaian AC semakin rusak. ”Bisa-bisa kalau awalnya hanya karena kebocoran kecil, karena asal isi freon, AC akan jebol tak karuan.
”Pengisian freon yang diyakini langsung akan mengembalikan dingin itu salah besar. Terdapat sejumlah persyaratan, baik jenis maupun cara pengisian yang bisa menjamin sistem penyejuk kembali berfungsi.
Pendapat keduanya yang terangkum berikut ini, kiranya dapat digunakan sebagai pedoman saat hendak memutuskan mengisi freon untuk mengembalikan kesejukan mobil Anda. Dan sejumlah pengetahuan tentang kebocoran komponen hingga menyebabkan freon berkurang atau habis, kiranya juga perlu dicermati.
Isi freon sesuai jenis kompresor
Sekurangnya terdapat dua jenis freon yang paling banyak beredar di Indonesia, yakni R 12 dan R 134. Ini berkait dengan emisi CFC yang dihasilkan, R 12 merupakan produk lama dan belum memuat kepentingan bersih lingkungan. Sementara R 134, konon sebagai produk yang ramah lingkungan.
Terlepas dari soal itu, bila kompresor mobil dengan freon R 12 diisikan freon R 134, kompresor terancam jebol karena terdapat beda tekanan antar kedua jenis senyawa tersebut. Selain itu, selang-selang juga terancam bocor, retak hingga jebol. Kerja kompresi yang seharusnya dihasilkan kompresor juga akan melemah. Pemasukan R 134 kepada kompresor dengan freon jenis R 12, memerlukan pula pengantian oli. Sedang bila kompresor memiliki spesifikasi R 134 dan dipaksakan untuk mendapat pengisian R 12, maka AC tak akan berjalan maksimal. Sejumlah bengkel menyatakan sebagai dingin AC-nya bakal kurang tajam. Ini karena memang terjadi speck down. Dan kejadian ini yang paling sering terjadi akibat penawaran harga yang bisa dibuat lebih murah.
Lakukan penggantian oli kompresor Sebetulnya kebiasaan sebatas melakukan pengisian freon amat tidak direkomendasikan. Bila freon berkurang maka itu berarti terjadi kebocoran dalam salah satu bagian rangkaian penyejuk kabin tersebut. Karenanya pemeriksaan seluruh saluran harus dilakukan selekas AC tak dingin dan freon berkurang.
Namun bila terpaksa sebatas mengisi freon dalam keadaan darurat, selain perlu mengetahui pasti jenis freon yang diisikan, mintalah pula pengantian oli dalam kompresor. Ini penting, karena bila terjadi kebocoran maka pelumas dalam kompresor juga berkurang dan kotor. Setelah oli diganti, dengan sendirinya bengkel juga akan memvakum kompresor sebelum mengisikan freon.
Empat jenis kebocoran yang paling sering
1. Bocor evaporator
Evaporator merupakan komponen pemroses hawa dingin dengan mengalirkan proses evaporasi dan kembali menyedot kelembapan suhu dalam kabin. Debu, kotoran kabin hingga asap rokok merupakan pencetus paling utama terjadinya sumbatan pada komponen yang terbuat dari aluminium ini.
Karena terbuat dari aluminium, maka saluran yang tak bakal berkarat ini bila mengalami sumbatan akan mudah robek. Ingat sifat aluminium yang liat, tak korosif tapi lembek dan mudah koyak. Mobil buatan Jepang umumnya meletakan evaporator di bawah laci sehingga akan mudah menyedot debu dan tersumbat. Lain dengan mobil buatan Eropa yang letak evaporatornya di dalam kabin. Tak mudah tersumbat, walaupun cukup menyulitkan bila perlu membersihkannya.
2. Bocor seal Kompresor
Kompresor yang bekerja bagai ‘mesin’ kecil terdiri pula dari sejumlah karet (seal) yang bisa saja cepat rusak bila terjadi kesalahan. Paling sering karena salah posisi kompresor dan pelumas yang habis karena mesin terlampau panas.
3. Bocor saluran
Rangkaian saluran atau selang penyejuk udara bisa saja bocor akibat gesekan berlebihan yang terjadi karena seringnya mobil tergoncang. Bisa juga karena mampetnya ekspansi dan reciver dyaer sehingga tekanan dalam saluran meningkat dan menyebabkan kebocoran.
4. Bocor seal saluran
Sambungan antara saluran dengan beberapa komponen dari metal membutuhkan karet (seal) penyekat. Maka kondisi buruk yang menyebabkan kebocoran saluran dengan sendirinya juga akan merembet pada hancurnya seal dan berujung pada kebocoran.
Pilih Bengkel Khusus AC
Terakhir, pilihan bengkel yang khusus mengerjakan AC. Umumnya mereka adalah para ahlinya. Jangan sekali-kali menggunakan jasa yang mencampurkan perbaikan AC dengan kepentingan lain, apalagi penjaja aksesori. Jangan pula asal masuk bengkel, apalagi yang menjajakan papan dengan harga freon yang terlampau murah

Pertama-tama yg harus dilakukan dalam pengisian freon adalah mengoperasikan ac split.
setelah outdoor unit mendapatkan supply listrik dari indoor unit, buka nepel penutup pentil pengisian freon dengan kunci inggris.
lalu pasang selang berwarna biru yg berada pada manifold di pentil pengisian freon, adakah tekanan freon? dengan melihat jarum manifold tekanan rendah yg berwarna biru.
jika tidak ada tekanan freon sama sekali, berarti sistem pendingin/ac split ada kebocoran.
cari sampai ketemu dimana letak kebocorannya dengan kuas kecil yg diberi air sabun, bila tidak diperbaiki/dilas kebocorannya freon akan berkurang kembali walaupun telah diisi sampai ac split menjadi dingin kembali.
bila ruang kebocorannya harus diperbaiki dengan cara mengelas dan pada sistem pendingin/ac split masih terdapat sisa freon, maka yg harus anda lakukan sebelum melakukan perbaikan/pengelasan adalah membuang sisa freon tersebut agar tidak membahayakan diri anda.

apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki/dilas, sistim pendingin/ac split harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum.
vakum yg baik harus mencapai 30″, lalu bagaimana bila anda tidak mempunyai mesin vakum???
tenang saja masih ada cara, yaitu dengan menggunakan compressor/outdoor unit yg akan kita isi freonnya, caranya adalah:
1. pasang selang warna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon(posisi kran ditabung freon dlm keadaan terbuka penuh dan kedua kran pada manifold tertutup penuh).
2. buka penutup kran nepel ukuran 3/8 yg ada pada samping kanan kran nepel outdoor unit.
3. masukan kunci L pada kran nepel 3/8 dan putar kekanan(posisi klep nepel ditutup).
4. operasikan ac split dan tunggu sampai indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit.
5. setelah outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi dari ujung selang warna biru.
6. setelah tidak ada angin yg keluar lagi dari ujung selang warna biru, pasang kembali ujung selang warna biru ke manifold lalu putar ke kiri kunci L yg berada pada kran nepel 3/8(posisi kran nepel terbuka penuh).
7. isi freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untuk memastikan berapa freon yg sudah masuk kedalam sistem pendingin/ac split.
pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.
buka kran manifold…….. sebentar…….. lalu tutup kembali, lakukan berulang-ulang dan lihat berapa freon yg sudah masuk pada jarum penunjuk yg ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac yg berukuran 3/8 yg berada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yg ada pada indoor unit anda pegang, apabila dinginnya sudah merata berarti proses pengisian freon sudah cukup, tidak harus 75 psi.
bila unit ac kelebihan freon akan membuat ac menjadi tidak dingin bukan menjadikan lebih dingin.perhatikan juga amper compressor pada waktu pengisian freon, jangan sampai melebihi batas amper(current) yg dapat anda lihat pada sisi indoor unit.