Panjang Ruangan dikali Lebar Ruangan dikali 500. Contoh untuk ruangan 3 meter x 4 meter maka besarnya PK AC yang dibutuhkan adalah:
3 x 4 x 500 = 6000 Btu. nah bila ruangan sebesar ini ditinggali oleh 2 orang atau lebih disarankan menggunakan AC 0.75 PK dengan kapasitas 7000 Btu. karena 1 orang dihitung membutuhkan kapasitas 500 Btu.Jadi 6000 Btu + 2x 500 Btu = 7000 Btu.
Tetapi apabila anda tidak terlalu suka dingin penggunaan AC 0.5 PK dengan kapasitas 5000 Btu masih bisa mencukupi.
Rumus diatas berlaku untuk ruangan dengan tinggi standard sekitar 3 meter. Bila ruangan lebih tinggi setiap 1 meter ketinggian akan dikenai 1000 Btu.
Untuk informasi lebih lanjut, penawaran harga, pemesanan barang maupun pemasangan segera ke rumah atau tempat usaha kami, segera hubungi sekawan servis pendingin
Cara membongkar pasang ac split tanpa membuang freon dapat anda lakukan dengan cara sebagai berikut:
operasikan ac split, tunggu sampai indoor unit memberikan supply listrik kebagian outdoor unit.
setelah outdoor unit dapat beroperasi pasang selang manifold yg berwarna biru pada pentil pengisian freon lalu buka mur penutup kran valve yg berukuran 1/4 dan 3/8 (untuk ac split ukuran 0,5 PK sampai 1 PK)
setelah mur kran valve terbuka, ambil sebuah kunci L yg ukurannya sama dengan lubang kunci L yg berada pada kran valve. ( lihat pada gambar 1 dan 2)
putar kekanan sampai habis kran valve yg ukuran 1/4 dengan kunci L sambil melihat jarum manifold tekanan rendah sampai posisi jarum manifold menyentuh angka 30" (vakum dibawah angka 0 psi).
setelah jarum manifold tekanan rendah menyentuh angka 30" tutup kran valve ukuran 3/8 dengan kunci L kearah kanan sampai habis lalu matikan ac split segera, jangan terlalu lama.
setelah ac split dimatikan, cabut steker dari aliran litrik, bila tidak menggunakan steker berarti anda harus melepaskan kabel power supply dari aliran litrik.
bila anda belum terbiasa memutuskan aliran litrik pada kabel power supply, saya sarankan matikan mcb pada box pembagian litrik atau pada meteran listrik agar anda tidak tersengat aliran listrik pada saat melepaskan sambungan kabel power supply.
setelah tidak ada aliran listrik yg mengalir pada ac split barulah anda melepaskan sambungan kabel dan nepel pada indoor dan outdoor.
setelah sambungan nepel indoor dan outdoor terlepas, pasang kembali mur penutup kran nepal dan tutup kran valve dengan solasi agar kotoran tidak dapat masuk.
begitu juga dengan pipa yg berada pada indoor unit tutup juga dengan solasi agar kotoran tidak dapat masuk.
ujung pipa installasi ac split juga harus ditutup dengan solasi, bila anda ingin menggunakan kembali.
Bagi anda yg rumahnya menggunakan plafon dari gipsum dan dilewati oleh instalasi pipa ac, seharusnya menggunakan doble hamaflex/busa pembungkus pipa ac.Ini untuk menghindari terjadinya condensasi yg keluar dari pipa ac dan dapat mengeluarkan tetesan air yg akan mengenai plafon gipsum rumah anda.Bila sudah terkena tetesan air, gipsum akan rusak dan tentunya anda harus merenovasinya kembali. Berikut tips Pasang AC yang tepat:
1. Usahakan kedudukan antara indoor unit dengan outdoor unit sejajar, agar tekanan freon menjadi seimbang pada saat ac dioperasikan/tidak.
2. Jangan meletakan barang-barang elektonik tepat dibawah indoor unit, sewaktu-waktu talang air dalam indoor unit dapat tersumbat oleh lumut maka air yg seharusnya keluar lewat drain hose/selang pembuangan air ac, dapat meluap keluar kebawah bagian indoor unit dan dapat membasahi barang-barang elektonika anda.
3. Sediakan stop kontak untuk power supply ac, agar sewaktu-waktu indoor unit/ac terjadi masalah teknisi tidak naik ke atas plafon untuk melepas kabel power supply ac.
4. Bila instalasi pipa ac anda tertanam didalam tembok, usahakan bobokan tembok lebih dalam, agar tidak terjadi condensasi yg akan membuat lumut pada tembok.
5. Untuk Pasang AC outdoor dibawah plafon ***sahakan jangan terlalu dempet dengan plafon, buat jarak sekitar 20 cm dari plafon agar memudahkan teknisi ac membuka tutup/kap pada out door unit bila terjadi masalah pada ac anda.
BELAJAR MENGISI FREON AC SPLIT
Pertama-tama yg harus dilakukan dalam pengisian freon adalah mengoperasikan ac split.
setelah outdoor unit mendapatkan supply listrik dari indoor unit, buka nepel penutup pentil pengisian freon dengan kunci inggris.
lalu pasang selang berwarna biru yg berada pada manifold di pentil pengisian freon, adakah tekanan freon? dengan melihat jarum manifold tekanan rendah yg berwarna biru.
jika tidak ada tekanan freon sama sekali, berarti sistem pendingin/ac split ada kebocoran.
cari sampai ketemu dimana letak kebocorannya dengan kuas kecil yg diberi air sabun, bila tidak diperbaiki/dilas kebocorannya freon akan berkurang kembali walaupun telah diisi sampai ac split menjadi dingin kembali.
bila ruang kebocorannya harus diperbaiki dengan cara mengelas dan pada sistem pendingin/ac split masih terdapat sisa freon, maka yg harus anda lakukan sebelum melakukan perbaikan/pengelasan adalah membuang sisa freon tersebut agar tidak membahayakan diri anda.
apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki/dilas, sistim pendingin/ac split harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum.
vakum yg baik harus mencapai 30″, lalu bagaimana bila anda tidak mempunyai mesin vakum???
tenang saja masih ada cara, yaitu dengan menggunakan compressor/outdoor unit yg akan kita isi freonnya, caranya adalah:
1. pasang selang warna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon(posisi kran ditabung freon dlm keadaan terbuka penuh dan kedua kran pada manifold tertutup penuh).
2. buka penutup kran nepel ukuran 3/8 yg ada pada samping kanan kran nepel outdoor unit.
3. masukan kunci L pada kran nepel 3/8 dan putar kekanan(posisi klep nepel ditutup).
4. operasikan ac split dan tunggu sampai indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit.
5. setelah outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi dari ujung selang warna biru.
6. setelah tidak ada angin yg keluar lagi dari ujung selang warna biru, pasang kembali ujung selang warna biru ke manifold lalu putar ke kiri kunci L yg berada pada kran nepel 3/8(posisi kran nepel terbuka penuh).
7. isi freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untuk memastikan berapa freon yg sudah masuk kedalam sistem pendingin/ac split.
pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.
buka kran manifold…….. sebentar…….. lalu tutup kembali, lakukan berulang-ulang dan lihat berapa freon yg sudah masuk pada jarum penunjuk yg ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac yg berukuran 3/8 yg berada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yg ada pada indoor unit anda pegang, apabila dinginnya sudah merata berarti proses pengisian freon sudah cukup, tidak harus 75 psi.
bila unit ac kelebihan freon akan membuat ac menjadi tidak dingin bukan menjadikan lebih dingin.perhatikan juga amper compressor pada waktu pengisian freon, jangan sampai melebihi batas amper(current) yg dapat anda lihat pada sisi indoor unit.
Cara pemasangan ac split dapat anda lakukan bila tool/alat-alat kerja sudah anda miliki, seperti:
- kunci-kunci perkakas contoh obeng kembang, palu, kunci inggris dsb.
- flare nut yaitu sebuah alat untuk mengembangkan ujung pipa ac split.
- pemotong pipa, yang berfungsi untuk memotong pipa ac ac split.
- bor listrik.
- manifold.
- freon/regrigerant.
pemasangan ac split yang baru biasanya dilakukan oleh teknisi dari toko ac yang anda beli, tapi bila anda sudah menpunyai teknisi atau ingin pasang sendiri anda bisa membeli unit ac nya saja.
pertama-tama yang harus dilakukan dalam pemasangan ac split adalah melihat posisi dimana ac split akan dipasang dan kemana jalur pipa instalasi ac split harus ditempatkan, diatas plafon, ditanam didalam tembok atau melubangi tembok dengan cara memboboknya dengan sebuah pahat.
setelah menentukan posisi ac split yang cocok, buka dus yg berisi indoor unit yang didalamnya terdapat indoor unit, bracket indoor, kabel power supply untuk ke outdoor unit dan remote control.
dibelakang indoor unit terdapat bracket yang harus anda lepaskan, lalu pasang pada dinding dengan posisi yamg anda inginkan.
memasang bracket indoor dapat anda lakukan dengan memakunya dengan paku beton atau mengebornya bila ingin menggunakan fisher, posisikan bracket indoor dengan waterpas agar tidak miring kekanan dan kekiri agar air yang keluar dari indoor unit dapat dengan lancar keluarnya.
setelah bracket indoor terpasang, pada bagian mana drat nepel dari pipa indoor unit akan diposisikan?
bila pada bagian kanan bawah dari bracket indoor, anda harus membuat lubang atau membobok temboknya yang diameter bobokannya sesuai dengan selang pembuangan air dan pipa ac yang keluar dari indoor unit.
bila anda tidak ingin membobok tembok anda dapat mengeluarkan drat nepel yang keluar dari indoor melalui sisi kanan atau kiri dari indoor yang sudah disediakan.
setelah bracket indoor terpasang dan bobokannya sudah siap, pasang indoor unit pada bracket dan posisikan drat nepel keluar dari indoor unit pada lubang bobokan tembok.
setelah indoor terpasang pada bracket, dorong keatas dan tarik kebawah agar indoor terkunci dengan bracket.
biasanya bila anda membeli ac split yang merknya bukan changhong, anda tidak akan mendapatkan pipa ac split dan bracket outdoornya.
jadi anda harus membeli pipa ac split, tergantung berapa meter yang anda butuhkan untuk pemasangan ac split nya dan membeli bracket outdoor bila posisi untuk outdoor unit harus diletakan dibawah plafon atau digantung pada dinding tembok.
setelah pemasangan indoor telah selesai dilakukan, beralih ketahap pemasangan pipa instalasi ac split.
pipa instalasi ac split ini terbuat dari tembaga yang lentur dan mudah dibentuk dalam pelaksanaan pemasangannya.
tapi hati-hati jangan sampai ada instalasi pipa ac split yang tertekuk atau penyok, karena dapat menghambat sirkulasi freon yang dapat menyebabkan ac split tidak mau dingin atau bekerja dengan normal.
instalasi pipa ac split harus disesuaikan dengan kapasitas ac/pk nya, bila ac split anda 1 pk 0,75 pk atau 0,50 pk berarti harus menggunakan pipa instalasi ac split yang berukuran 1/4 dan 3/8.
semakin besar kapasitas ac split, semakin besar pula ukuran instalasi pipa ac split yang digunakan.
buka 2 buah mur nepel yang berada pada pipa di indoor unit dengan menggunakan 2 buah kunci inggris.
jangan kaget bila ada angin yang keluar saat anda melepaskan 2 buah nepel tersebut, yang keluar itu bukan freon tapi hanya angin.
setelah 2 buah nepel pada indoor unit anda lepaskan, masukan nepel 3/8 pada pipa instalasi ac split yang berukuran 3/8 lalu lihat pada ujung pipa instalasi ac split, apakah pada diameter pipanya terpotong dengan rata? bila tidak rata lakukan pemotongan dengan pemotong pipa.
setelah pipa ac split terpotong dengan rata, masukan pipa instalasi ac split pada lubang penjepit flare nut yang berukuran sama dengan pipa ac split yang akan kita flareng, ketinggian pipa yang keluar pada ujung bibir flareng kira-kira 0.2 cm.
setelah pipa instalasi ac berada tepat pada lubang penjepit flareng, pasang pemutar flareng dengan mata flareng yang berbentuk kerucut pada penjepit flareng, lalu putar sampai mengenai pipa instalasi ac split agar bisa mengembang.
lakukan hal yang sama pada pipa instalasi ac split yang berukuran 1/4.
setelah selesai melakukan pengembangan pada pipa instalasi ac split dengan flareng, pasang pipa instalasi ac split yang sudah dipasang nepel ke drat nepel pipa ac split yang keluar dari indoor unit dan sesuaikan.
ukuran pipa instalasi ac split 3/8 ke 3/8 pada drat nepel indoor unit dan ukuran pipa instalasi ac split 1/4 ke 1/4 pada drat nepel indoor unit.
kencangkan mur nepel kedua-duanya dengan menggunakan 2 buah kunci inggris agar tidak terjadi ruang kebocoran freon.
setelah dikencangkan mur nepelnya tutup dengan pembungkus pipa/hamaflex, kemudian lilitkan solasi untuk merapatkan pembungkus pipa agar tidak terjadi kondensasi.
setelah selesai melakukan pemasangan nepel pipa instalasi ac split pada drat nepel indoor unit, atur posisi instalasi pipa ac split agar kelihatan rapih.
selanjutnya pemasangan kabel power untuk supply listrik kebagian outdoor unit.
buka tutup indoor unit, kemudian lihat pada bagian komponen pcb yang terdapat terminal untuk pemasangan kabel power ke bagian outdoor unit biasanya disitu tertulis 1 dan 2 dan N L.
untuk kabelnya pergunakan sesuai ukuran pk ac split nya biasanya standart dari pabrik adalah ukuran 3 X 2.5 untuk ukuran ac split 1 pk.
masukan kabel untuk power outdoor unit melalui lubang bobokan pipa ac dan pasang kabel pada terminal yg berada dibagian bawah komponen pcb, kabel warna hitam pada terminal no 1, kabel warna biru pada terminal no 2, dan kabel warna kuning pada ground, kencangkan dengan menggunakan obeng kembang.
setelah selesai melakukan pemasangan kabel power untuk outdoor unit, kita ketahap pemasangan instalasi pipa ac split pada outdoor unit.
yang harus dilakukan pada tahap ini sama dengan apa yang dilakukan pada tahap pemasangan instalasi pipa ac split pada indoor unit.
untuk pemasangan kabel power outdoor unit, buka tutup power suplly outdoor unit yang berada diatas kran valve.
setelah selesai melakukan pemasangan instalasi pipa ac split dan pemasangan kabel power supply untuk outdoor unit, tahap berikutnya adalah pengecekan kebocoran diantara 4 buah kembang nepel yang baru kita buat, yaitu 2 kembang nepel pada indoor dan 2 kembang nepel pada outdoor.
caranya adalah sebagai berikut :
pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon, lalu pasang selang berwarna kuning pada mesin vakum.
lalu lakukan pemakuman agar tidak terdapat udara didalam evaporator dan pipa instalasi ac split.
vakum yang baik harus mencapai 30′, bila telah selesai divakum jarum pada manifold bergerak keatas, berarti ada ruang kebocoran freon.
lakukan pemeriksaan kebocoran dengan kuas yang diberi air sabun pada kembang nepel yang berada pada indoor unit dan outdoor unit.
biasanya ruang kebocoran terjadi karena kembang nepel pecah dan mur nepel kendor/tidak dikencangkan, lakukan flereng ulang pada kembang nepel yang pecah atau kencangkan kembali mur nepel yang kendor.
bila jarum pada manifold tidak bergerak atau tetap pada angka 30′ berarti tidak terdapat ruang kebocoran, lalu buka mur penutup kran nepel 1/4 dan yg 3/8 dengan menggunakan kunci L , buka sampai kedua kran nepel terbuka penuh.
bila sudah membuka kran nepel tahap selanjutnya adalah menyambungkan aliran listrik pada kabel power supply yang berada pada indoor unit.
ingat…kabel power suply yang berwarna coklat harus diposisi – atau api , agar sewaktu ac split tidak dioperasikan, dibagian outdoor unit tidak tersambung langsung dengan aliran listrik.
setelah penyambungan power suplly selesai, ac split siap untuk dioperasikan.
bila anda tidak mempunyai mesin vakum, pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon dan pasang selang yang berwarna kuning pada tabung freon.
buka mur nepel ukuran 1/4 pada outdoor unit lalu masukan tekanan freon agar freon dapat mendorong udara keluar melalui mur nepel 1/4 pada outdoor unit.
pada saat freon keluar, kencangkan kembali mur nepel 1/4 dan masukan tekanan freon kembali sampai mencapai 100 psi.
lihat dan perhatikan, bila jarum manifold turun dan tidak lagi menunjukan angka 100 psi, berarti ada ruang kebocoran pada 4 buah kembang nepel yang anda buat.
cari ruang kebocoran dengan menggunakan kuas yang diberi air sabun bila sudah menemukan ruang kebocoran segera diperbaiki.
tapi bila jarum pada manifold tetap menunjukan angka 100 psi, berarti instalasi pipa ac split tidak terdapat ruang kebocoran.
segera buang sisa tekanan freon yang berada pada instalasi pipa ac split, tapi jangan buang semuanya sisakan sampai 5-10 psi.
setelah itu buka mur penutup kran nepel 1/4 dan 3/8 lalu buka kedua kran valve dengan menggunakan kunci L sampai terbuka penuh dan pasang kembali mur penutup kran valve dengan kencang.
bila sudah membuka kran nepel, tahap selanjutnya adalah penyambungan aliran listrik pada kabel power supply yang berada di indoor unit.
dan bila sudah melakukan penyambungan listrik pada kabel power supply yang berada pada indoor unit barulah ac split anda telah siap untuk dioperasikan.
Gangguan block condenser dapat terjadi bila unit air conditionernya
tidak mendapat perawatan yang memadai. Untuk mencegah
timbulnya blocked condenser maka setiap unit air conditioner harus
dibersihkan atau dicuci (cleaning) secara rutin.
Prosedur Cleaning untuk AC window :
1. Turunkan unit AC window dari tempat pemasangannya.
2. Lepaskan seluruh rangkaian kontrol berikut komponen listrik yang tidak kedap air dari unit.
3. Buat larutan pencuci dengan melarutkan ¼ kg soda api ke dalam 10 liter air bersih.
4. Siram permukaan koil kondenser dengan larutan tersebut hingga merata dan biarkan selama kurang lebih 30 menit.
5. Kemudian semprotkan air bersih (dengan menggunakan peralatan pompa) ke permukaan koil kondenser secara merata hingga seluruh kotoran dan karat terlepas dari permukaan koil kondenser.
6. Keringkan seluruh permukaan unit dari sisa-sisa air dengan menyemprotkan udara bertekanan dari kompresor udara.
7. Rakit kembali semua komponen dan rangkaian kontrolnya.
8. Lakukan pengujian, meliputi pengukuran arus yang diambil
kompresor, suhu dingin yang keluar dari outlet grill evaporator.
Dalam kondisi normal maka suhu dingi yang keluar dari
evaporator berada di sekitar 10 atau 11 derajad celcius. Bila suhunya di atas 15 derajad celsius maka lakukan pemeriksaan
tekanan pada sisi suction atau sisi dischargenya dengan
menggunakan process tube kit. Dalam kondisi normal takanan
suction berada di sekitar 50 psi hingga 65 psi dan tekanan
dischargenya sekitar 180 psi hingga 260 psi.
Lakukan pump down pada unit AC Split yang akan dicuci
dengan menutup saluran liquid yang menuju ke kondenser.
Caranya : Pasang manifold gauge pada katub service sisi
tekanan rendah (pipa besar) kemudian atur posisi katub pada
saluran liquid (pipa kecil) hingga mencapai posisi “Front Seat”
(putar searah jarum jam). Semua kegiatan tersebut dilakukan
pada saat AC split masih dalam kondisi running. Tunggu
beberapa saat, penunjukkan meter tekanan akan turun, bila
penurunan tekanan mencapai sekitar 5 psi, matikan kompresor.
Pump down selesai. Pada hakekatnya pump down adalah
kegiatan untuk mengumpulkan refrigeran ke dalam unit
kondenser. Sehingga bila pipa yang menghubungkan unit in
door dan out door dilepas maka tidak ada refrigeran yang
terbuang.
Lepas sambungan pipa yang menuju ke condenser.
Proses pencucian kondenser sama seperti pada unit AC
Window.
Bila sudah dirakit kembali, pasang kembali sambungan pipa ke
kondenser.
Jangan lupa melakukan “purging” yaitu membuang udara yang
ada di dalam pipa.
Caranya : Pasang terlebih dahulu sambungan pipa kecil pada
tempatnya dan kencangkan flare nutnya. Kemudian pasang
kembali sambungan pipa besar, ikatan flare nut agak
dikendorkan. Selanjutnya buka sedikit posisi katub pada pipa
kecil, sehingga ada aliran fefrigeran yang keluar dari pipa kecil
menuju ke evaporator dan keluar lagi menuju ke sambungan
flare nut pipa besar yang masih kendor. Biarkan kira-kira 15
hitungan dan kemudian kencangkan flare nut pada pipa besar.
Purging selesai.
Atur kembali posisi service valve pada pipa kecil (berlawanan
arah jarum jam) hingga mencapai posisi back seated.
Lakukan pengujian seperti halnya pada unit AC Window
Di antara berbagai jenis unit AC yang tersedia di pasar hari ini, jendela AC digunakan paling. Window AC biasanya ditemukan di rumah-rumah dan kantor. Musim panas benar-benar sangat panas, dan orang memerlukan beberapa mode pendinginan efektif. Dengan demikian, permintaan A / C di musim panas adalah yang paling. Untuk memasang AC jendela dalam sebuah ruangan, ada kebutuhan untuk mengorbankan salah satu jendela dari kamar untuk pemasangan AC.
Setelah sistem pengkondisian udara dipasang, individu mendapat bantuan besar dari panas dan kelembaban di musim panas. Tapi, apakah salah mendapatkan pendinginan yang sama sepanjang hidup? AC Window peralatan listrik, dan semua peralatan listrik memerlukan beberapa perbaikan pada setiap titik waktu untuk membuat mereka bekerja untuk waktu yang lama dan untuk meningkatkan durasi kehidupan mereka.
Jadi, dalam hal jendela AC anda tidak memberikan pendinginan yang tepat, ini menunjukkan bahwa ada kebutuhan untuk melakukan memberikan pelayanan yang tepat untuk pendingin udara. Cara untuk membersihkan AC jendela telah didiskusikan di bawah ini:
Grill depan AC dihapus dengan bantuan pisau bengkak. Seperti teknik diterapkan jika panggangan diselenggarakan dengan bantuan klip. Namun, dalam kasus grill telah kacau, obeng yang digunakan untuk menghapus panggangan.
Sekarang AC dicabut dan diambil dari jendela dan disimpan pada meja yang kuat. Mengambil bantuan dari orang lain sebagai penyejuk udara berat.
The mesh filter dihapus dan dicuci.
Grill ini dicuci dalam air hangat dan sabun. grill ini dikelantang untuk menghapus segala jenis cetakan. Sekarang kocok keluar kelebihan air. Panggangan dan menyaring diatur dalam pembuangan piring untuk membiarkan mereka benar-benar kering.
Ambil vakum memiliki sambungan sikat, dan menjalankannya melalui kumparan evaporator secara menyeluruh.
Ambil sikat plastik untuk menghilangkan debu jenis perusahaan.
Sekarang, kita lihat pada sirip pada kumparan. Dalam hal terdapat sirip rata atau bengkok, jalankan sisir untuk meluruskan sirip sirip. Sisir sirip dapat dibeli dari toko alat. Pastikan untuk menjadi sangat lembut dengan sirip, sebagai sirip yang sangat halus.
AC sekarang berbalik. Pastikan bahwa belakang AC menghadap ke arah Anda. Di sini, kumparan kondensor berada.
Proses yang sama menjalankan sikat vakum dan sikat plastik untuk menghilangkan segala jenis kotoran dilakukan atas gulungan.
Di sini juga sirip dilihat dan meluruskan dengan bantuan sisir sirip.
Sekarang hanya memeriksa AC dari dalam dan menyingkirkan segala jenis kotoran dan debu dengan bantuan kuas vakum dan lampiran celah.
Pisau dari kipas angin juga harus dibersihkan dengan sempurna dengan bantuan vakum dan sambungan sikat. .
Proses pembersihan sekarang lengkap dan AC kini ditempatkan kembali ke dalam kabinet jendela.
Filter dan panggangan adalah re-instal.
AC sekarang terpasang masuk
Sekarang, penyejuk udara lagi siap untuk memberikan pendinginan yang efektif. Setelah melakukan langkah-langkah yang tercantum di atas servis AC jendela, seorang individu pasti akan merasakan peningkatan dalam efek pendinginan. Hal ini sebenarnya sangat mudah untuk layanan AC jendela, dan dapat dilakukan di rumah saja. Pelayanan AC di rumah menghemat banyak uang, sehingga memastikan pembersihan yang tepat. Untuk menjamin fungsi efektif AC jendela, disarankan untuk membersihkan filter AC bulanan, sedangkan dalam bekerja panggung.
- PASANG AC SPLIT @Rp. 150.000
- PASANG AC Standing @Rp. 250.000
- PASANG AC Window @Rp. 100.000
- Tambah PIPA AC 1 Pk @Rp. 60.000/ meter
- Tambah PIPA AC 2 PK @Rp. 70.000/ meter
- TAMBAH FREON AC SPLIT @Rp. 80.000
Bisa hubingi sekawan servis pendingin :
alamat : taraman, sidoharjo, sragen
: tlp, 7501150 - 081329189907
: mas eko
Bagi anda yg rumahnya menggunakan plafon dari gipsum dan dilewati oleh instalasi pipa ac, seharusnya menggunakan doble hamaflex/busa pembungkus pipa ac.
Ini untuk menghindari terjadinya condensasi yg keluar dari pipa ac dan dapat mengeluarkan tetesan air yg akan mengenai plafon gipsum rumah anda.
Bila sudah terkena tetesan air, gipsum akan rusak dan tentunya anda harus merenovasinya kembali.
TIPS PEMASANGAN AC SPLIT
1. Usahakan kedudukan antara indoor unit dengan outdoor unit sejajar, agar tekanan freon menjadi seimbang pada saat ac dioperasikan/tidak.
2. Jangan meletakan barang-barang elektonik tepat dibawah indoor unit, sewaktu-waktu talang air dalam indoor unit dapat tersumbat oleh lumut maka air yg seharusnya keluar lewat drain hose/selang pembuangan air ac, dapat meluap keluar kebawah bagian indoor unit dan dapat membasahi barang-barang elektonika anda.
3. Sediakan stop kontak untuk power supply ac, agar sewaktu-waktu indoor unit/ac terjadi masalah teknisi tidak naik ke atas plafon untuk melepas kabel power supply ac.
4. Bila instalasi pipa ac anda tertanam didalam tembok, usahakan bobokan tembok lebih dalam, agar tidak terjadi condensasi yg akan membuat lumut pada tembok.
5. pemasangan outdoor dibawah plafon diusahakan jangan terlalu dempet dengan plafon, buat jarak sekitar 20 cm dari plafon agar memudahkan teknisi ac membuka tutup/kap pada out door unit bila terjadi masalah pada ac anda.
Gambar Bagan Sistem AC Mobil
Komponen ( Spare Part / Onderdil ) Utama AC Mobil meliputi :
kompresor
Berfungsi memberikan tekanan pada zat pendingin ( refrigerants ) agar bersikulasi pada sistem. Kompresor ada dua jenis yaitu jenis rotari (gerakan rotor di dalam stator kompresor akan menghisap dan menekan zat pendingin ) dan torak ( untuk menghisap dan menekan zat pendingin dilakukan oleh gerakan torak di dalam silinder kompresor ). Agar kinerja kompresor tidak terlalu membebani mesin dan lebih awet maka dipasangi alat bernama pressure swicth untuk mengatur secara otomatis jalannya kompresor.
Keuntungan kompresor rotari :
Karena setiap putaran menghasilkan langkah – langkah hisap dan tekan secara bersamaan, maka momen putar lebih merata akibatnya getaran/kejutan lebih kecil.
Ukuran dimensinya dapat dibuat lebih kecil & menghemat tempat.
Kerugian :
Sampai saat ini hanya dipakai untuk sistem AC yang kecil saja sebab pada volume yang besar, rumah dan rotornya harus besar pula dan kipas pada rotor tidak cukup kuat menahan gesekan.
Merk kompresor AC mobil yang ada di pasaran Indonesia yang populer Denso dan Sanden. Harga kompresor ac mobil berkisar Rp. 1 jt hingga 4 jt. Rata - rata harga baru kompresor AC mobil merk Denso untuk Toyota Kijang Kapsul yaitu Rp. 1,5 jt, Innova Rp. 2 jt, Avanza Rp. 1,9 jt, Isuzu Panther dari 1,6 jt ( panther kapsul ) hingga 2 jt ( panther lama ), Suzuki Carry Futura Rp. 2jt, Daihatsu Zebra 1,9 jt, Xenia ( 1.0 )Rp. 2,1 jt, Terios Rp. 2jt, Mitsubishi Kuda Rp. 1,7 jt.
Kondensor / Kondensator ( condenser )
Berfungsi mendinginkan atau memperkecil kalor zat pendingin yang telah diberi tekanan oleh kompresor. Pada saat diberi tekanan kompresor suhu zat pendingin menjadi panas, setelah melewati kondensor menjadi dingin dan berubah jadi cair. Merk kondensor di pasaran antara lain Denso, IMT Yaruki, Paco. Harganya mulai Rp. 400rb hingga 1,5 jt tergantung merk dan jenis kendaraannya.
Receiver Dryer / Drier
Berfungsi menyerap atau mengeringkan uap air sebagai efek pendinginan zat pendingin dari kondensor. Harga receiver dryer berkisar dari Rp. 150 rb hingga Rp. 400 rb.
Katup Ekspansi ( expansion valve )
Berfungsi menurunkan tekanan zat pendingin dari kondensor sebelum masuk ke evaporator, tujuannya agar zat pendingin berfungsi optimal menyerap panas di sekitar evaporator. Bentuk ekspansi ada yang kotak dan kapiler. Hati - hati jangan sembarangan gonta - ganti atau mencampur jenis zat pendingin, sesuaikan dengan spesifikasi AC anda agar sistem terhindar dari kerusakan mengingat karakter zat pendingin berbeda - beda. Harganya hampir sama dengan receiver dryer.
Evaporator
Berfungsi mengambil panas zat pendingin agar menjadi lebih dingin serta merubahnya menjadi gas. Sepintas mirip kondensor cuma evaporator lebih banyak mengambil panas dibandingkan kondensor. Evaporator diletakkan dalam dashboard mobil dan dilengkapi motor blower atau kipas peniup untuk menghembuskan udara dingin ke dalam kabin mobil. Agar udara yang ditiup bersih maka diperlukan filter untuk menyaring kotoran yang ikut tertiup blower. Harga evaporator mulai Rp. 500 rb hingga 1 jt. Setelah zat pendingin melewati evaporator lalu kembali ke kompresor.
Zat Pendingin ( Refigerant )
Dahulu yang umum dipakai adalah freon jenis R - 12 namun karena merusak lapisan ozon maka diganti dengan jenis R 134a yang ramah lingkungan. Namun perlu diketahui AC yang didesain menggunakan zat pendingin R - 12 tidak boleh begitu saja dicampur atau full diganti R 134a tanpa mengganti beberapa sparepart sistem AC dan jenis oli kompresor. Hal ini mengingat molekul R 134a lebih kecil dari R - 12. Kalau anda memaksakan mencampur tanpa mengganti spare part dan oli kompresor maka dipastikan kompresor macet / rusak serta sering freon habis karena bocor. Oli kompresor R - 12 adalah ND-OIL6 (mineral oil) atau ND-OIL7 sedangkan Oli kompresor R134a adalah ND-OIL8 (synthetic oil) atau ND-OIL9.
Berikut hal - hal yang perlu dilakukan untuk pindah dari R - 12 ke R 134a
Sparepart yang perlu diganti agar sistem R - 12 bisa diganti R134a yaitu : ( http://saft7.com/index.php?p=167 )
Seal / Penyekat/ O-Ring
Pada sistem AC R12, digunakan NBR(Nitrile Butadiene Rubber) sebagai bahan dasar penyekat/seal termasuk O-Ring, Lip-Seal pada kompresor dan selang-selangnya.
Sialnya, NBR ini larut dengan freon R134a karena akan mengembang dan membusa!
Sistem R134a menggunakan RBR (Rubber in Behalf of R134a), jadi bisa dibilang karet sealer khusus R134a.
Secara fisik O-Ring untuk R134a lebih tebal (gemuk) ketimbang R12.
Hose / Selang Tekanan Tinggi dan Rendah
Sampai saat ini selang tekanan tinggi dan rendah menggunakan NBR. Artinya jika tetap digunakan untuk sistem R134a akan menyebabkan freon bocor!
Jadi.. selang harus disesuaikan dengan sistem R134a.
Dryer-Receiver
Sampai sekarang isi dryer-receiver menggunakan Silica-Gel untuk menghilangkan uap air, sehingga untuk R134a dibutuhkan lebih banyak Silica-Gel. Untuk memisahkan air pada R134a digunakan Zeolite untuk menggantikan Silica-Gel.
Sistem Sambungan Pipa/Selang
Sistem penyekatan pada sambungan selang/pipa pun berbeda antara sistem R12 dengan R134a.
Hingga perubahan pada katup/socket pengisian freon pun berubah.
Magnetic Clutch
Tekanan pada suhu tinggi R134a lebih tinggi dari R12, sehingga kompresor butuh tenaga lebih besar untuk mengkompresi freon. Jelas akhirnya butuh model Magnetic Clutch yang berdaya kerja lebih baik dan kuat, selain itu rotor dan bearing pun dibuat spek yang lebih baik dari sistem sebelumnya.
Kalau magnetic clutch tidak disesuaikan… jelas sistem tidak akan bekerja dengan baik.
Condenser
Pada sistem R134a, tekanan pada sisi tekanan tinggi lebih besar ketimbang R12, sehingga terlihat perubahan bentuk pada fin yang dibuat lebih rapat dengan tube yang lebih tipis/ramping agar dapat melepas radiasi panas lebih baik.
Pressure Switch
Dari hal-hal di atas sudah terlihat bahwa tekanan dalam sistem R134a lebih besar dari R12, tentunya Pressure Switch yang dipakai untuk ON/OFF kompresor perlu berubah juga
Ketika sahabat blogger paham tentang organ AC tentunya juga untuk pengetahuan perawatannya, apabila ada salah satu organ yang rusak sebaiknya di perbaiki segera sebelum kerusakan tersebut akan merembet ke komponen yang lain. Begitu hal tersebut terjadi, kantong akan terkuras cuku dalam .
.
1. Kondensor
Komponen ini berfungsi untuk mengubah freon dari gas ke cair sekaligus mendinginkannya dibantu kipas mesin atau kipas elektrik plus udara dari depan saat mobil berjalan.
Untuk membersihkannya, semprotkan air dengan kencang di saat Anda mencuci mobil. Sebab kondensor biasanya banyak dihinggapi debu atau kotoran lainnya. Bila kotoran atau debu itu dibiarkan dan mengeras bisa mengakibatkan karat atau keropos sehingga kondensor bocor.
Masih di bagian kondensor, jangan lupa untuk memastikan kipas berfungsi dengan baik. Peranti yang berada persis di depan kondensor itu sangat vital meski bentuknya sepele.
Pasalnya kipas yang tidak berfungsi akan menyebabkan tekanan panas yang tinggi. Akibatnya bisa meledak. Permasalahan yang kerap muncul adalah kebocoran. Cara untuk mengatasi tambal dengan las aluminium atau ganti baru.
2. Kipas kondensor
Perangkat ini bertugas mengalirkan udara agar kondensor mampu mendinginkan refrigerant yang panas di dalamnya. Di beberapa mobil, kipas ini menyatu dengan kipas pendingin mesin.
Permasalahan yang kerap timbul adalah putaran kipas melemah. Satu di antara cara untuk mengatasinya, memeriksa sistem kelistrikan AC. Bila ternyata masih bagus berarti motor listriknya bermasalah. “Motor harus diganti,” kata Sutio.
3. Kompresor
Sesuai dengan namanya, peranti ini berfungsi untuk memberi tekanan tinggi ke freon agar mengalir ke sistem AC.
Kerusakan yang biasa terjadi di kompresor adalah seal dan gasket yang mulai getas. Kerusakan lainnya adalah tekanan atau kompresinya yang lemah seiring dengan usia komponen.
Cara untuk mengatasinya, servis seal atau kompresor. Bila sudah rusak lebih baik ganti dengan komponen baru. Pasalnya, bila tidak diganti, kerusakan akan merembet ke komponen lain. Sebab sistem kerja AC tidak stabil sehingga komponen lain memiliki beban lebih berat dan rusak.
4. Dryer
Komponen ini merupakan saringan refrigerant yang berfungsi untuk menjaga kebersihan refrigerant dan tidak membuat komponen lain mampat. Biasanya komponen ini tersumbat.
Gejala kerusakan bisa dideteksi bila Freon tidak mengalir. Untuk mengetahuinya, lihat melalui kaca di bagian atas botol dryer atau pada saluran tekanan tinggi.
Cara untuk mengatasinya, ganti dengan dryer baru.
5. Evaporator
Peranti ini bertugas sebagai perantara refrigerant dengan udara. Dengan kata lain, evaporator berfungsi menghantarkan udara dingin ke dalam kabin. Bila evaporator kotor maka hembusan blower AC akan terhambat. Walhasil udara pun tak dingin.
Masalah yang kerap timbul adalah kebocoran. Cara untuk mengetahui kebocoran memang cukup rumit, Anda harus membongkar dan mengalirkan tekanan udara serta merendamnya di air. Bila timbul gelembung, berarti ada kebocoran.
Anda bisa meminta spesialis AC untuk menambalnya dengan las alumunium atau menggantinya. Namun yang patut diingat harga peranti ini cukup mahal.
Itulah beberapa komponen terpenting dari AC dan cara kerja serta kemungkinan kerusakan yang terjadi.
Tips lainnya adalah :
1. Tidak terlambat mengisi Freon
2. Membersihkan kisi-kisi AC
3. Bersihkan komponen yang ada.
4. Jangan merokok di dalam mobil, meskipun AC dimatikan dan jendela dibuka karena abu rokok yang Anda hisap bisa saja beterbangan terbawa angin dan akhirnya hinggap di bagian evaporator, selain abunya menyumbat, nikotinnya juga melekat di bagian AC sehingga menimbulkan aroma tak sedap.
AC MOBIL ANDA TIDAK DINGIN??
Cobalah periksa bagian saluran pipanya, EVAPORATOR , atau condensornya. siapa tahu sumber masalahnya terletak pada bagian itu.
Jika anda menemukan cairan atau kotoran yg melekat pada saluran pipa AC Mobil, anda pantas mencurigainya. sebab cairan / kotoran itu, bisa jadi berasal dari freon ac yg bocor.
akibatnya AC Mobil bs mengalami GANGGUAN atau daya pendinginnya tdk bisa bekerja secara maksimal.
Hal yg Sama juga bisa terjadi pada condensor & Evaporatornya. walaupun kedua komponen tersebut jarang mengalami kerusakan--tetapi jika tiba2 mobil anda mengeluarkan GAS BERWARNA PUTIH--Itu bs pertanda evaporator mobil anda mengalami kebocoran.
Apabila hal tersebut terjadi pada saat anda menjalankan mobil, sebaiknya bukalah jendela, berhenti atau KELUAR DARI MOBIL.
setelah itu jgn menggunakan ac lagi, sampai bagian yg rusak selesai diperbaiki.
Evaporator yg bocor biasanya sulit diperbaiki. sebab kebocoran pada pipa evap -- terjadi karena korosi-- yg terbuat dari aluminium, itu sulit di las, karena sepanjang pipa cenderung mengalami hal yg sama. jadi, mau tdk mau, evaporator hrs diganti dgn yg baru.
Agar EVAPORATOR AC mobil bs BERTAHAN LAMA, biasakanlah membersihkan saringan udara, juga selang karet pembuangan airnya. atau pindahkan ujung selang, sehingga tdk bersinggungan dgn pipa knalpot.
Penyebab lain AC tidak dingin, adalah krn Compressor rusak atau magnet clutch nya tdk bekerja dgn baik. compressor yg rusak biasanya didahului dgn bunyi "koklok''. walaupun freonnya sdh diisi, tetap saja AC tdk kunjung dingin.
Saat ini, banyak mobil dilengkapi dgn elektrik fan, atau pendingin tambahan. gunanya, untuk menjaga temperatur mesin, kondensor AC, dan menambah tekanan udara pada radiator mesin.
Jadi, sesekali periksalah elektrik fan tersebut. apakah masih bekerja dgn baik atau tidak. anda bs megeceknya di saat parkir dan masih hidup. jika bunyi mesin mobil, sesekali terdengar keras dan lembut, itu menunjukan bahwa elektrik fan dan thermostat-nya dalam keadaan baik.
PERSEDIAN FREON kurang atau berlebihan juga bisa jadi penyebab AC mobil tidak dingin. untuk mengetahui isi freon kurang, bs dilihat dari gelembung udara pada sight glass(kaca) pengontrol dibagian atas tabung receiver-nya. jika isi freon berlebihan , sight glass akan tampak jernih tanpa gelembung udara. guna memastikan, normal-tidaknya jumlah freon disaluran ac mobil, lebih lanjut bisa dipastikan dengan alat pengukur tekanan.
Namun, dengan kebutuhan daya listrik yang cukup besar, pengetahuan tentang AC yang tidak mencukupi justru akan menambah tagihan listrik yang lumayan tinggi di akhir bulan. Malah bisa lebih ruwet ketika kita harus bolak-balik menservice AC di rumah karena sering ngadat. Kalau sudah begini, bukan kenyamanan yang kita dapatkan, tapi justru tambah masalah.
Berikut tips sederhana yang dapat kita praktikan ketika kita hendak membeli AC, saat menggunakan AC dan merawat AC sendiri.
Belilah penyejuk ruangan atau AC yang dilengkapi dengan converter. Fungsi converter adalah pengatur beban listrik. Artinya pada saat suhu di ruangan sudah mencapai suhu yang kita inginkan, AC akan mengurangi sendiri secara otomatis beban pendinginan yang diberikan, dengan tetap beroperasi. AC konvensional tidak dilengkapi dengan converter. Sistem kontrolnya on-off, artinya ia akan berhenti beroperasi pada saat suhu sudah tercapai, dan beroperasi kembali saat suhu sudah naik ke titik tertentu. Ingat, AC membutuhkan daya listrik terbesar pada saat start. Jadi, bila AC kita sering on dan off maka listrik yang dibutuhkan pun akan lebih besar.
Pilih AC dengan kapasitas pendinginan sesuai dengan kebutuhan. Hindari memilih AC dengan kapasitas terlalu kecil atau over capacity.
Yakinkan bahwa ruangan yang hendak dipasangi AC sudah tertutup rapat. Cegah sedapat mungkin panas dari luar masuk ke dalam ruangan, yang dapat menambah beban kerja AC.
Disiplinlah untuk tidak merokok di dalam ruangan yang ber-AC. Selain mengeluarkan panas, asap rokok juga menyebabkan AC kita cepat rusak.
Atur setting temperatur dengan bijak. Kita tentu tidak perlu menyalakan AC dengan setting 18oC. Selain tidak baik bagi kesehatan, setting terlalu rendah (dingin) juga memaksa AC bekerja lebih berat.
Matikan AC bila ruangan tidak dipergunakan dalam waktu yang relatif lama.
Jaga selalu kebersihkan ruangan, terutama dari debu.
Bersihkan filter udara masuk, minimal sekali dalam seminggu.
Rawatlah AC secara berkala, sesuai dengan rekomendasi dari pembuat AC. AC dengan kondisi prima memerlukan daya listrik yang lebih kecil.
Ajak dan ajari seluruh anggota keluarga kita untuk menggunakan AC sebijak mungkin. Karena kesadaran dan kedisiplinan dari seluruh anggota keluarga merupakan kunci paling penting.
Sistem pendingin adalah suatu rangkaian proses dimana out put yang dihasilkan dapat membuat kondisi udara berubah menjadi dingin. Sistem pendingin ini banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari misalnya penggunaan AC, pembuatan es, pengkondisisan udara dalam mobil, dll. Pada sistem pendingin terdapat serangkaian proses kerja yang saling berhubungan dan saling berkaitan, disini akan dibahas mengenai sistem pendingin pada AC. AC yang sering kita kenal adalah alat yang bisa mengubah kondisi udara ruangan menjadi dingin dan sejuk sesuai yang kita harapkan. AC banyak kita jumpai di kantor, supermarket, rumah,dll.
Secara garis besar komponen-komponen yang ada pada sistem AC sendiri adalah sbb:
1. Evaporator yaitu suatu alat yang yang digunakan untuk menyerap panas ruangan.
2. Kondensor yaitu alat penukar panas, jadi udara yang sudah dihisap akan ditukar dengan udara yang lebih sejuk.
3. Kipas yaitu alat yang berfungsi untuk mendinginkan komponen yang panas.
4. Kompresor yaitu alat yang digunakan untuk menekan udara agar bisa masuk.
5. Filter yaitu alat yang digunaklan untuk menyaring udara.
Seringkali kita mengetahui macam-macam komponennya tapi tidak mengetahui kerusakan yang ada pada AC dan cara perbaikannya serta perawatannya. Padahal bila terjadi masalah pada sistem AC akan berdampak pada kondisi ruangan yang nantinya berdampak pula pada kesehatan si pemakai, maka dari itu kita harus tahu masalah-masalah yang timbul dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Disini akan coba dijelaskan mengenai macam masalah dan cara mengatasinya.
B. Masalah-masalah pada AC Dan Cara Mengatasinya
Adapun masalah-masalah yang timbul pada AC sendiri adalah:
1. Udara yang kita rasakan terasa kotor.
Analisis masalah: ada kemungkinan filter bocor atau tersumbat.
Cara mengatasi:
Buka penutup filter, kemudian dorong ke atas sampai filter keluar dari dudukannya dan tarik filter tersebut kemudian bersihkan kalau terjadi kerusakan maka perbaiki dan bila rusaknya parah harus diganti.
2. Kipas tidak dapat berputar.
Analisis masalah: biasanya kipas tidak berputar berarti motornya macet.
Cara mengatasi:
Kita lepas kipas dari dudukannya kemudian kita cek mesin pemutar kipas kalau terjadi kerusakan maka kita perbarui, usia dari motor dapat mempengaruhi kualitas kerja mesinnya.
3. Suhu udara tidak dingin.
Analisis masalah: biasanya ruangan tidak tertutup rapat, refrigeran menipis, kebocoran pipa, kerusakan kondensor.
Cara mengatasi:
Biasanya kalau udara tidak berubah menjadi dingin kita cek dulu ruangannya apa ada kebocoran ruangan kalau tidak berarti refrigeran menipis maka kita isi kembali refrigeran. Kalau ternyata tidak ada kerusakan pada yang dua tadi maka kita periksa kondensornya.
4. Pendinginan udara ruangan terlalu lama.
Analisis masalah: ruangan tidak tertutup rapat, evaporator rusak.
Cara mengatasi: kita cek dahulu ruangan dari kemungkinan kebocoran kalau ternyata tidak ada maka kita periksa evaporatornya kalau ada kerusakan maka perbaiki karena evaporator merupakan komponen yang sangat penting.
5. Kulit terasa cepat kering.
Analisis masalah: pengaturan temperatur udara tidak sesuai dengan kebutuhan.
Cara mengatasi: aturlah temperatur sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu memaksakan agar cepat memperoleh kondisi ruangan yang dingin yang berakibat pada terlalu cepat kulit kita terasa menjadi kering.
C. Cara Merawat Sistem Pendingin (AC)
Untuk menjaga agar AC tetap bekerja dengan baik, maka dilakukan perawatan secara berkala. Perawatan AC dilakukan dengan melakukan pembersihan pada komponen-komponen AC tersebut. Ada dua proses pembersihan AC, yaitu:
1. Pembersihan yang dilakukan pada unit bagian dalam (indoor unit), seperti filter dan penutup AC.
2. Pembersihan yang dilakukan pada unit bagian luar (outdoor unit).
Pembersihan indoor unit bisa dilakukan setiap dua minggu sekali, sedangkan pembersihan outdoor unit cukup dilakukan tiga bulan sekali. Langkah-langkah pembersihan indoor unit adalah sebagai berikut:
1. Buka seluruh penutup indoor unit dengan cara melepaskan baut penutup, menekan pengancing, dan menarik penutupnya.
2. Siapkan plastik pelindung untuk melapisi bagian sisi unit. Lapisan ini untuk melindungi panel kontrol AC dan tidak mengotori dinding.
Siapkan cairan pembersih elemen alumunium AC. Campurkan dengan air-perbandingan air Applied 1:1. Oleskan cairan dengan kuas searah elemen kisi-kisi evaporator.
3. Biarkan lima menit agar cairan bekerja maksimal saat mengangkat debu karat. Semprot dengan air tekanan dengan cara menutup sebagian ujung selang dengan ibu jari atau menggunakan sprayer sampai tak terlihat busa. Untuk bagian blower tersiram air, semprot air sambil memutar-mutarnya dengan jari agar semua bagian blower tersiram bersih, lalu lubang bersihkan pembuangan .
4. Keringkan unit indoor sebelum dipasang kembali.
Langkah-langkah pembersihan outdoor unit adalah sebagai berikut:
1. Buka penutup dengan melepas setiap baut pengunci, lalu siapkan cairan pembersih alumunium dan campur dengan air dengan perbandingan 1:1.
2. Oleskan cairan pembersih menggunakan kuas, mengikuti arah kisi-kisi alumunium, kemudian tunggu lima menit sampai terlihat debu-debunya terangkat.
3. Siram elemen tersebut dengan air bertekanan, kemudian keringkan sebelum dipasang.
Apabila keadaan sistem pendingin (AC) dalam kondisi yang sangat baik, maka cukup dilakukan perawatan kecil saja. Langkah-langkah perawatan kecil sistem pendingin (AC) adalah sebagai berikut:
1. Pastikan AC dalam kondisi mati atau tidak dialiri arus listrik.
2. Buka penutup filter, kemudian dorong ke atas sampai filter keluar dari dudukannya dan tarik filter tersebut.
3. Bersihkan swing pengaturan arah angin dan kisi-kisi penutup filter dengan air dan lap kering atau kuas.
4. Bersihkan filter dengan menyiramnya menggunakan air sabun. Sikat bagian-bagian yang kotor, namun jangan menggunakan sikat kasar karena dapat merusak elemen filter yang lunak.
5. Keringkan filter, setelah itu filter dipasang kembali.
6. Pasang kembali penutup filter.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa sistem pendingin (air conditioner) merupakan alat yang dapat memberikan kenyamanan pengguna dalam melakukan aktivitas di dalam ruangan. Oleh karena itu dengan adanya perawatan, pemeliharaan dan perbaikan sistem pendingin, maka kenyamanan dan kesejukan di dalam ruangan akan tetap terjaga, serta menghasilkan tata ruang yang baik dan sehat.
B. Saran
Berdasarkan penjelasan pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Lakukan perawatan sistem pendingin (air conditioner) secara intensif dan berkala agar sistem pendingin tetap bekerja dengan baik.
2. Atur suhu sistem pendingin (air conditioner) sesuai dengan kebutuhan agar kenyamanan dan kesejukan udara tetap terjaga.
3. Lakukan pemeriksaan pada refrigeran, apabila jumlahnya menipis, segera lakukan pengisian.
4. Segera lakukan perbaikan apabila terjadi kebocoran pada saluran sistem pendinginan
Dalam hal pemasangan AC sangat di anjurkan untuk memperhatikan posisi/letak pemasangan AC agar terlihat cantik dan dinamis juga menambah kesan ruangan menjadi indah, karena jangan sampai setelah AC di pasang malahan akan mengganggu kenyamanan dan kesulitan untuk Perawatan AC.
Beberapa hal yang harus di hindari pada saat menentukan lokasi pemasangan AC:
. Udara yang mengandung kadar garam tinggi
. Oli mesin
. kondisi lingkungan khusus
Tips dan Cara menentukan lokasi pemasangan AC yang baik (agar AC tahan lama dan awet) :
Unit dalam (Indoor AC)
1. Tempat yang tidak menghalangi udara masuk dan keluar pemasangan indoor ac jangan terlalu rapat dengan atap plafon + 15 cm dari atap
2. Pasang indoor AC pada tempat yang dapat menahan beratnya unit hati2 bila memasang pada dinding yang memakai Batako
5. Pilih posisi yang memudahkan pemasangan pipa dan kabel kabel yang menuju unit luar (outdoor)
untuk menhindari banyaknya tekukan tekukan pipa AC
6. Sediakan tempat yang cukup luas untuk memudahkan perawatan rutin (filter indoor) dan pelepasan cashing indoor pada saar service AC
7. Pastikan buangan air AC mengalir dengan baik dan benar
untuk menghindari terjadinya luapan air buangan ac ke dalam unit indoor.
8. Pasang unit dalam (indoor) pada dinding minimal jarak 2,5 meter dari lantai
Unit luar (Outdoor AC)
1. Unit luar tidak boleh di pasang terbalik karena oli pelumas kompresor akan masuk ke sirkuit pendingin sehinggga dapat merusak unit AC
2. Pilih tempat terbuka dan kering dan hindari dari sumber panas matahari langsung
3. Pasang di tempat yang tidak menggangu jalan (bila rumah di dalam Gang senggol)
4. Pilih posisi yang mudah dalam penyambungan pipa ac yang terhubung ke indoor AC, Panjang pipa minimal 5 meter dan maximal 15 meter (lebih dari itu jangan pasang AC)
5. Tempatkan unit luar pada posisi yang dapat membuang udara secara bebas agar udara panas outdoor tidak feedback
6. Pilih tempat yang suara operasi AC dan hembusan udara outdoor tidak menggangu tetangga
7. Buat jarak pemasangan outdoor ac yang memudahkan dalam hal perawatan ac
8. Jika unit luar (outdoor) di pasang terlalu tinggi, perhatikan kekuatan bracket penyangganya
Jika pemasangan instalasi pipa ac melewati atap rumah (di atas plafon) usahakan agar pipa pipa ac tersebut di balut kembali dengan ductape ac (isolasi) untuk menghindari kondensasi ac yang dapat merusak plafon, jika ingin di pendam di dalam tembok usahakan terbungkus di dalam pipa pvc karena kondensasi ac ini lama kelamaan akan membuat tembok menjadi rusak dan berlumut.
1. Pipa Kapiler Buntu
pipa kapiler merupakan salah satu dari expansi yang berfungsi untuk menurunkan tekanan, pipa kapiler berbentuk seperti pipa tembaga tetapi diameter lubangnya lebih kecil. Pada mesin pendingin sering terjadi kebuntuan pada pipa kapiler tetapi pada freezer kemungkinan buntu lebih besar sebab diameter pipa kapiler pada freezer lebih kecil dibandingkan dengan mesin pendingin lainnya. Gejala yang ditimbulkan akibat buntu pipa kapiler diantaranya arus listrik besar tetapi tidak dingin dan ada bunyi brisik pada pipa kapiler jika dibiarkan dapat mengakibatkan kompresor rusak. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pengantian kapiler dan pembersihan sistem refrigran.
2. Sistem Refrigran Kotor
freezer memiliki kondensor dan evapurator yang lebih panjang dibanding dengan mesin pendingin lainnya oleh sebab itu sering terjadi pengendapan oli pada kondensor dan evaporator, oli yang mengendap terlalu lama akan berubah menjadi semacam lumpur yang pekat. Adanya kotoran pada kondensor dan evapurator mengakibatkan pembuangan dan penyerapan panas menjadi terhambat sehingga freezer tidak dingin. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pembersihan sistem refrigran dan penggantian oli.
Itulah kerusakan yang sering terjadi pada freezer, kerusakan yang lain rata-rata hampir sama dengan mesin pendingin lainnya.
Istilah umum yang ada bila kita membahas AC adalah PK. Mungkin pengertian PK sendiri masih belum diketahui bagi banyak orang. PK merupakan singkatan dari Paard Kracht (Daya Kuda). Ini adalah sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan BTU/h (British Thermal Unit per hour). BTU inilah yang menentukan tingkat kesejukan udara yang dihasilkan. Memang, untuk menghasilkan BTU yang besar memerlukan PK yang besar pula. Itulah sebabnya tingkat dingin yang dihasilkan oleh AC sering ditentukan berdasarkan PK nya.
Bagaimana menentukan PK yang sesuai bagi ruangan kita? Untuk menjawabnya, kita dapat menggunakan rumus berikut:
[Panjang Ruangan (m) x Lebar Ruangan (m) x Tinggi Ruangan/3 (m)] x 500
Lalu cocokkan dengan pembagian berikut:
AC ½ PK = ±5.000 BTU/h
AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/h
AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h
AC 1½ PK = ±12.000 BTU/h
AC 2 PK = ±18.000 BTU/h
Ruangan kamar berukuran panjang 5 m, lebar 3 dan tinggi standar 3 m. Maka hasil perkaliannya menjadi
[5 x 3 x 3]/3 x 500 = 7500. Maka setelah dicocokkan dengan spoiler diatas, angka tersebut berada diantara 7000 dan 9000, jadi dapat digunakan AC dengan ¾ PK atau 1 PK.
Sebagai saran, sebaiknya digunakan AC berukuran 1 PK agar kerja AC tidak terlalu berat, karena bila yang digunakan AC ¾ PK, berarti AC harus bekerja lebih berat agar dapat menyesuaikan dengan ukuran ruangan.
Agar AC memberikan hasil yang maksimal dalam menyediakan udara yang segar berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:
1.Sesuaikan ukuran ruangan dengan kapasitas AC.
2.Jangan diletakkan tepat di depan pintu, karena udara akan lebih mudah keluar ke ruangan lain.
3.Jangan letakkan AC terlalu dekat dengan atap. AC mengambil udara dari atas, maka bila terlalu dekat dengan plafon, ruang yang sempit menyebabkan udara yang masuk tidak maksimal.
4.Cuci filter AC 1 bulan sekali.
5.Lakukan pencucian evaporator 3 bulan sekali.
Sekarang anda sudah tau cara menentukan berapa pk AC yg akan di pasang di suatu ruangan.
Kulkas dua pintu merupakan kulkas yang memiliki sistem yang lebih baik dari pada kulkas satu pintu untuk itu cara membersihkannya juga berbeda dari kulkas satu pintu. Bagaimana cara membersihkan kulkas dua pintu? Dan bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas dua pintu? Berikut ini cara yang aman untuk membersihkan kulkas dua pintu:
Pastikan keselamatan kerja sebelum memulai membersihkan kulkas yaitu dengan cara memutuskan kulkas dengan sumber listrik hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hubung singkat dan kesetrum. Lepas semua rak yang ada pada kulkas dan cuci bersih.
Untuk membersihkan freezer atau pintu atas buka penutup evapurator, kemudian jika evapurator kotor bersihkan menggunakan kuas halus, bila perlu bersihkan dengan sabun cair, bersihkan juga dinding freezer kemudian siram dengan air bersih, setelah itu periksa saluran pembuangan air jika air bekas untuk membesihkan evapurator keluar dari selang pembuangan air dan masuk ketampungan air yang berada diatas kompresor maka saluran air normal tetapi jika air mengalir ke bagian chiller atau pintu bawah maka hal ini terjadi karena saluran air tersumbat, untuk membersikannya semprot selang saluran pembuangan air dengan air bertekanan, setelah itu bersihkan saluran udara yang menghubungkan antara freezer dengan chiller dengan cara menyiran dengan air hangat hal ini dilakukan karena pada saluran udara merupakan tempat yang paling sering menimbulkan bau tidak sedap sebab bentuk saluran udara yang datar sehingga apabila ada cairan bekas minuman atau makanan yang masuk pada saluran udara akan mengendap dan menimbulkan bau tak sedap, saluran udara terletak didepan evapurator. Yang perlu diperhatikan ketika membersihkan freezer kulkas dua pintu adalah hidarkan sambungan kabel dan fan dari air, kemudian berhati-hati pada heater yang mudah pecah karena dilapisi kaca yang terletak pada bagian bawah evapurator.
Untuk membersihkan chiller atau pintu bawah yang perlu diperhatikan adalah mengamankan fiting lampu agar tidak terkena air, untuk membersihkan chiller kulkas dua pintu buka penutup saluran udara dan bersihkan tetapi berhati-hati karena terdapat sensor suhu pada saluran udara tersebut. Untuk membersihkan dinding-dinding chiller dapat menggunakan sabun cair kemudian bilas dengan air bersih.
Untuk bagian luar kulkas sebaiknya dibersihkan dengan sedikit air hal ini agar komponen-komponen yang ada dibagian belakang kulkas tidak terkena air, bersihan pula karet pintu yang terletak diantara pintu dan body kulkas menggunakan kain kering yang bersih.
Setelah itu keringkan seluruh bagian kulkas yang terkena air, sebelum kulkas dirangkai kembali periksa komponen-komponen listrik dan sambungan kabel agar bebas dari air. Kemudian kembalikan bagian-bagian kulkas seperti semula dan kulkas siap dinyalakan.
Demikian cara yang baik dalam membersihkan kulkas 2 pintu semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Mesin cuci 2 tabung merupakan mesin cuci yang spin/pengering dan wash/pencuci terletak pada tabung yang berbeda. Mesin cuci 2 tabung merupakan mesin cuci yang menggunakan rangkaian dan cara kerja yang lebih sederhana dibanding mesin cuci 1 tabung. Bagaimana cara merawat mesin cuci 2 tabung agar lebih awet? Berikut saran dari saya agar mesin cuci 2 tabung lebih awet:
1. Kebanyakan mesin cuci dua tabung rusak karena kelebihan beban dengan kata lain motor spin/wash mengalami kelebihan beban yang dapat ditampung oleh mesin cuci, hal ini biasanya terjadi karena ingin menghemat listrik dan waktu. Untuk itu sebaiknya pada saat mencuci menggunakan mesin cuci berikan sedikit ruang pada tabung mesin cuci agar motor spin/wash tidak kelebihan beban.
2. Kelalaian atau ketidak perdulian terhadap keadaan mesin cuci merupakan salah satu faktor penyebab mesin cuci 2 tabung rusak. Untuk itu lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum menggunakan mesin cuci, coba nyalakan mesin cuci spin dan wash tanpa beban, jika putaran terasa berat dan lambat sebaiknya lakukan pengecekan lebih lanjut. Kemudian periksa secara teratur apakah ada kebocoran air yang berpotensi menyebabkan hubung singkat.
3. Motor spin atau sering disebut pengering sering sekali terbakar karena adanya pakaian yang menghambat putaran motor hal ini terjadi karena pada tabung spin ada sela antara body dengan tabung spin sehingga pada saat proses pengeringan pakaian dapat terlempar dan masuk kedalam sela tersebut. Untuk itu jika pada saat pengeringan pakaian anda ada yang hilang mungkin pakaian tersebut masuk kedalam sela tersebut, jika hal ini dibiarkan dapat mengakibatkan putaran spin menjadi terhambat dan berpotensi menyebabkan motor spin terbakar.
4. Membersihkan saluran pembuangan air bertujuan agar air tidak terhambat, sebab jika kotoran sisa deterjen terlalu banyak pada jalur pembuangan air dapat mengakibatkan penyekat air yang terbuat dari karet rusak sehinga mengakibatkan kebocoran pada saat wash.
Demikian beberapa saran dari saya agar mesin cuci 2 tabung menjadi lebih awet.
Pada dasarnya sistem yang digunakan pada AC Ruang, Kulkas, Freezer dan alat pendingin lainya adalah sama, hanya bentuk dan ukurannya yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhannya. Pada dasarnya pendinginan yang terjadi pada mesin pendingin adalah hasil dari refrigrasi atau proses perputaran refrigran, tentu saja refrigran tidak akan berputar sendiri oleh karena itu dalam sistem pendingin ada beberapa komponen untuk mengalirkan refrigran yaitu:
1. Kompresor
kompresor berfungsi untuk memompa refrigran sehingga refrigran dapat berputar dalam sistem pendingin, kompresor bisa juga disebut jantung dari mesin pendingin.
2. Kondensor
kondensor berfungsi untuk membuang panas yang dihisap oleh refrigran dari ruangan yang akan didinginkan, kondensor terletak setelah kompresor jadi refrigran yang ditekan oleh kompresor akan masuk ke kondensor.
3. Filter
filter berfungsi untuk menyarin refrigran agar dalam keadaan bersih saat melewati expansi, filter hanya sebagai tambahan sehingga boleh ada atau boleh tidak, letak filer terdapat setelah kondensor.
4. Expansi
expansi berfungsi untuk menurunkan tekanan refrigran, expansi terletak setelah filter.
5. Evaporator
evaporator berfungsi untuk menghisap panas yang ada diruangan yang akan didinginkan, evaporator terletak setelah expansi.
6. Akumulator
akumulator berfungsi sebagai penyaringan gas dari cairan, sehingga refrigran yang masuk ke dalam kompresor dalam keadaan gas (kompresor dirancang untuk memompa gas bukan cairan), akumulator hanya sebagai tambahan boleh ada atau boleh tidak, akumulator terletak setelah evaporator dan sebelum kompresor.
Itulah sedikit dari pengertian dan fungsi komponen mesin pendingin.
Pada dasarnya pemilihan jenis AC sangat tergantung pada kondisi ruangan. Jika memang memungkinkan, saat ini konsumen lebih memilih jenis split, karena bagian “ruang dalam” (diistilahkan- indoor) dan “ruang luar” (outdoor) terpisah, bahkan keduanya bisa diletakkan saling berjauhan. Berbeda dengan jenis window dimana posisi indoor dan outdoor bersatu dalam dua sisi berlawanan. Sedangkan jenis cassette membutuhkan pemasangan lebih repot. Pemisahan indoor dan outdoor berdampak kepada suara yang dihasilkan saat pendingin bekerja. Jenis split relatif lebih lembut dibandingkan dengan window. Jenis semacam ini cocok ditempatkan di ruang yang membutuhkan ketenangan, seperti ruang tidur, ruang kerja, atau perpustakaan. Split kadang juga dipasang sebagai AC tambahan bila distribusi udara di sebuah ruangan tidak maksimal. Namun ada kondisi ruangan atau bangunan tertentu yang hanya memungkinkan memasang AC jenis window. Seperti ruangan pada ketinggian lebih dari sepuluh lantai seperti di rumah-rumah susun. Atau pada kondisi tidak mungkin menempatkan bagian outdoor karena sempitnya lahan yang tersedia. Dari segi keamanan, window juga relatif sulit dicuri karena bentuknya yang besar dan ukurannya tidak ringan. Dari segi merek, kini di pasaran tersedia puluhan merek AC, mulai dari yang sering beriklan di televisi sampai yang nyaris tak pernah terdengar namanya. Wajar jika konsumen akan bingung saat memilih. Soal harga juga sangat bervariasi, yaitu dimulai Rp 2 juta – Rp 10 juta tergantung kepada kapasitas dan fasilitasnya. Belakangan beberapa merek pendingin asal Cina mulai membanjiri pasar dengan harga lebih miring. Mana yang sebaiknya dipilih? Semuanya tentu kembali kepada kemampuan kantong konsumen. Jika ingin membeli yang berkualitas baik, tentu harus merogoh kocek lebih dalam. Namun pendingin yang baik tidak selalu berasal dari merek yang sudah tertancap di benak banyak orang. Yang perlu juga diperhatikan konsumen adalah fasilitas yang tersedia dari sebuah produk agar memudahkan dalam pemakaian. Pada AC jenis split maupun window, yang umum harus tersedia pengatur jarak jauh (remote control) dengan fungsi pengatur suhu, arah hembusan angin, dan pengukur waktu otomatis. Produk-produk terbaru sekarang bahkan mempunyai puluhan fitur pada pengatur jarak jauhnya dengan kapasitas pendinginan yang makin besar namun hemat listrik. Hal lain yang tak kalah penting dalam menentukan jenis AC yang akan dibeli adalah Daya Listrik. Fasilitas lainnya yang belakangan banyak diusung oleh produsen AC dan bisa juga menjadi pertimbangan kita dalam membeli AC adalah kemampuan menyediakan penyuplai oksigen ke dalam ruangan, kemampuan menyerap partikel-partikel kecil seperti debu, asap rokok, dan bau tak sedap, kemampuan mengurangi kelembaban. Bahkan untuk semakin mempercantik penampilan, beberapa produk kini juga menawarkan pendingin yang bisa disesuaikan dengan interior rumah. AC tidak melulu berwarna putih, tapi juga dalam aneka pilihan warna seperti biru, metalik, atau kayu. Perawatan AC Agar AC bekerja maksimal, pemakai harus memperhatikan kondisi ruangan. Ruangan harus selalu tertutup rapat agar pendinginannya maksimal dan suhunya bisa sesuai dengan pengatur temperatur. Namun karena udara tidak sering berganti, harus diperhatikan pula masalah kualitasnya. Udara yang kotor karena asap rokok, masakan, atau zat-zat lain, justru akan merugikan orang-orang yang berada dalam ruangan. Sementara kerja AC tetap aman-aman saja. Salah satu kelalaian pemakai yang cukup sering terjadi adalah masalah perawatan. Padahal karena selalu dinyalakan rutin dan menyerap udara sekeliling, bagian indoor kerap menjadi tempat bertumpuknya debu. Jumlah debu atau kotoran lain akan semakin bertambah jika aktivitas di ruangan itu juga semakin banyak. Apalagi jika ruangan dipakai untuk kegiatan yang berhubungan dengan uap bahan-bahan kimia, seperti di tempat rias kamar atau salon yang banyak menggunakan hair spray. Pemakai bisa merawat sendiri dengan membersihkan filter udara – terletak di bagian indoor – sesering mungkin. Mungkin bisa dijadwalkan bersamaan dengan saat membersihkan rumah pada akhir pekan, karena kita tidak tahu kapan debu akan menumpuk. Pembersihan lain yang perlu dilakukan adalah pada evaporator, yaitu jalur angin masuk. Sedangkan pembersihan kondensor di bagian outdoor bisa dijadwalkan minimal tiga bulan sekali. Karena membutuhkan alat khusus dan ketelitian, dua pekerjaan ini hanya bisa dilakukan teknisi, segera panggil layanan purna jual ditempat anda membeli AC.Evaporator yang sangat kotor bisa membuat pendingin harus bekerja ekstra keras dan mengganggu proses kerjanya. Ujung-ujungnya AC bisa boros listrik dan udara yang dihembuskan tidak dingin lagi. Kalau sudah begini, dengan enteng orang akan menganalisis, “Kayaknya freonnya mesti diisi lagi nih.” Padahal yang dimaksud “freon” tak lainI refrigerant yang sebenarnya tak mungkin habis. Jikalaupun ada kebocoran pasti karena kerusakan pada komponen peralatannya. Kotor yang begitu parah biasanya ditandai dengan adanya tumpukan es di evaporator. Es terbentuk akibat sirkulasi udara yang tidak lancar, padahal refrigerant yang menghasilkan dingin terus bekerja. Karena minimnya beban akibat sedikitnya udara masuk, temperaturnya bisa mencapai -10oC hingga menyerap dan membekukan uap air dari udara sekitar. Produk-produk AC terbaru biasanya tersedia termostat yang antara lain mencegah pembentukan es. , membuat AC bisa awet hingga bertahun-tahun. Kalau AC rewel terus, ruangan akan kembali terasa panas. Panas suhunya, panas hatinya…