Sebuah pemahaman menyeluruh dari siklus operasi dari kulkas
diperlukan sebelum diagnosis yang benar dari setiap masalah Service dapat
dibuat. Jadi, hanya dengan sebuah studi yang mendalam tentang fundamental dapat
Anda menguasai bidang pendinginan.
Sebuah siklus, menurut definisi, adalah interval atau periode ditempati oleh satu
bulat atau jalannya peristiwa dalam urutan yang sama atau seri. Kata Siklus,
sebagaimana yang diterapkan di sini, berarti serangkaian operasi di mana panas pertama
diserap oleh bahan pendingin, perubahan dari cair ke gas, dan
kemudian gas dikompresi dan dipaksa masuk ke kondensor, dimana
panas diserap oleh udara yang beredar, sehingga membawa refrigeran
kembali ke bentuk awal (atau cair). Dengan mengacu pada Gambar diatas,
siklus operasi terdiri dari langkah-langkah berikut:
1. Kompressor memompa bahan pendingin melalui seluruh sistem.
Ia menarik gas refrigerant dingin melalui jalur isap(suction line)
dari evaporator freezer. Pada saat yang sama, mengompres
gas dan mepompa ke discharge line (jalur tekanan tinggi).Gas yang terkompresi suhunya meningkat tajam dan memasuki kondensor.
2. Kondensor ini melakukan fungsi yang mirip dengan radiator di
sebuah mobil dalam kondensor adalah koil pendingin untuk
gas refrigeran panas. Dalam kondensor, panas tersebut dikeluarkan
ke ruang udara di luar kabinet. Selama proses ini,
gas refrigerant melepas panas dalam
kabinet dan merubah ke bentuk cair.
3. Lalu cairan pendingin panas meninggalkan kondensor dan memasukki
tabung (pipa)kapiler, Dan filter dryer atau saringan menghapus segala uap air atau kotoran.
4. Tabung kapiler diukur dengan seksama panjang dan diameter dalam untuk mengukur arus refrigerant cair dengan jumlah yang tepat untuk alirkan sesuai
yang dibutuhkan untuk setiap unit. Sebuah panjang yang telah ditetapkan
tabung kapiler biasanya disolder di sepanjang bagian luar
suction line, membentuk penukar panas, yang membantu untuk mendinginkan
'refrigerant cair panas dalam tabung kapiler. Pipa Kapiler
kemudian dihubungkan ke pipa yang lebih besar yaitu evaporator.
5. Refrigeran keluar dari tabung kapiler dan memasuki tabung yang lebih besar
atau evaporator. Peningkatan mendadak
dalam bentuk diameter pipa membentuk daerah tekanan rendah dan suhu
refrigerant turun secara drastis karena perubahan dari cair ke campuran
cair dan gas. Dalam proses melewati
evaporator, refrigerant menyerap panas dari area sekelilingnya.
Refrigerant kemudian secara bertahap berubah dari cair ke- campuran cair dan gas ke -gas.
6. Gas refrigerant bertekanan rendah meninggalkan koil evaporator
sekarang memasuki akumulator, yang dirancang berbentuk silinder besar
untuk menjebak cairan refrigeran yang tidak atau belum berubah menjadi gas
di evaporator. Karena tidak mungkin untuk kompres cairan, akumulator mencegah refrigerant dalam bentuk cairan kembali ke kompresor.
7. Lalu gas refrigerant meninggalkan akumulator, kembali ke
kompresor melalui garis isap, yang merupakan bagian dari panas
exchanger, sehingga menyelesaikan siklus.
diperlukan sebelum diagnosis yang benar dari setiap masalah Service dapat
dibuat. Jadi, hanya dengan sebuah studi yang mendalam tentang fundamental dapat
Anda menguasai bidang pendinginan.
Sebuah siklus, menurut definisi, adalah interval atau periode ditempati oleh satu
bulat atau jalannya peristiwa dalam urutan yang sama atau seri. Kata Siklus,
sebagaimana yang diterapkan di sini, berarti serangkaian operasi di mana panas pertama
diserap oleh bahan pendingin, perubahan dari cair ke gas, dan
kemudian gas dikompresi dan dipaksa masuk ke kondensor, dimana
panas diserap oleh udara yang beredar, sehingga membawa refrigeran
kembali ke bentuk awal (atau cair). Dengan mengacu pada Gambar diatas,
siklus operasi terdiri dari langkah-langkah berikut:
1. Kompressor memompa bahan pendingin melalui seluruh sistem.
Ia menarik gas refrigerant dingin melalui jalur isap(suction line)
dari evaporator freezer. Pada saat yang sama, mengompres
gas dan mepompa ke discharge line (jalur tekanan tinggi).Gas yang terkompresi suhunya meningkat tajam dan memasuki kondensor.
2. Kondensor ini melakukan fungsi yang mirip dengan radiator di
sebuah mobil dalam kondensor adalah koil pendingin untuk
gas refrigeran panas. Dalam kondensor, panas tersebut dikeluarkan
ke ruang udara di luar kabinet. Selama proses ini,
gas refrigerant melepas panas dalam
kabinet dan merubah ke bentuk cair.
3. Lalu cairan pendingin panas meninggalkan kondensor dan memasukki
tabung (pipa)kapiler, Dan filter dryer atau saringan menghapus segala uap air atau kotoran.
4. Tabung kapiler diukur dengan seksama panjang dan diameter dalam untuk mengukur arus refrigerant cair dengan jumlah yang tepat untuk alirkan sesuai
yang dibutuhkan untuk setiap unit. Sebuah panjang yang telah ditetapkan
tabung kapiler biasanya disolder di sepanjang bagian luar
suction line, membentuk penukar panas, yang membantu untuk mendinginkan
'refrigerant cair panas dalam tabung kapiler. Pipa Kapiler
kemudian dihubungkan ke pipa yang lebih besar yaitu evaporator.
5. Refrigeran keluar dari tabung kapiler dan memasuki tabung yang lebih besar
atau evaporator. Peningkatan mendadak
dalam bentuk diameter pipa membentuk daerah tekanan rendah dan suhu
refrigerant turun secara drastis karena perubahan dari cair ke campuran
cair dan gas. Dalam proses melewati
evaporator, refrigerant menyerap panas dari area sekelilingnya.
Refrigerant kemudian secara bertahap berubah dari cair ke- campuran cair dan gas ke -gas.
6. Gas refrigerant bertekanan rendah meninggalkan koil evaporator
sekarang memasuki akumulator, yang dirancang berbentuk silinder besar
untuk menjebak cairan refrigeran yang tidak atau belum berubah menjadi gas
di evaporator. Karena tidak mungkin untuk kompres cairan, akumulator mencegah refrigerant dalam bentuk cairan kembali ke kompresor.
7. Lalu gas refrigerant meninggalkan akumulator, kembali ke
kompresor melalui garis isap, yang merupakan bagian dari panas
exchanger, sehingga menyelesaikan siklus.
Karena sulitnya mengambil es batu pada lemari es satu pintu/freezer, membuat sebagian orang ceroboh menggunakan benda tumpul untuk mengangkat es batu yang sudah dipenuhi oleh bunga es.
atas kecerobohannya dapat mengakibatkan evaporator terkena tusukan benda tumpul tersebut, sehingga evaporator menjadi bocor dan anda sudah pasti mengeluarkan kocek untuk memanggil teknisi kulkas agar kulkas/freezer menjadi normal kembali.
mengapa pada lemari es satu pintu bila lama beroperasi begitu banyak mengeluarkan bunga es?
jawabannya adalah, lemari es satu pintu dibagian evaporatornya tidak dilengkapi dengan heater seperti yang terdapat pada lemari es dua pintu.
pada lemari es dua pintu yang menggunakan fan motor pada bagian pintu atasnya, es batu dalam plastik yang sudah beku dapat dengan mudah kita ambil.
Bila sudah bocor, dapatkah evaporator diperbaiki kembali???
jawabannya...bisa, dengan menggunakan lem besi yaitu lem dalam tube kecil yang satu berwarna hitam dan yang satunya berwarna putih dan dapat anda beli pada toko bangunan.
campurkan dengan takaran yang sama antara putih dan hitam, dalam waktu lima menit lem akan menjadi keras seperti batu.
untuk hasil yang maksimal, usahakan sebelum menempelkan lem besi pada evaporator lemari es satu pintu yang tertusuk benda tajam, evaporatornya diamplas dan besihkan dengan lap kering terlebih dahulu.
dan anda pastikan dalam evaporator sudah tidak ada lagi tekanan sisa freon.
setelah diamplas sampai catnya hilang, barulah anda aduk lem tersebut.
setelah campurannya rata, tempelkan atau letakan pada lubang evaporator yg mengalami kebocoran tersebut dan biarkan sampai beberapa jam.
bila masih ada tekanan freon pada tempat yang bocor, biarkan sisa freonnya habis terlebih dahulu, setelah habis sisa freonnya barulah melakukan penambalan dengan lem besi tersebut.
cara diatas hanya untuk menekan biaya pembelian evaporator, sehingga pengeluaran biaya perbaikan lemari es anda tidaklah begitu besar, cukup mengeluarkan biaya pengisian freonnya saja.
atas kecerobohannya dapat mengakibatkan evaporator terkena tusukan benda tumpul tersebut, sehingga evaporator menjadi bocor dan anda sudah pasti mengeluarkan kocek untuk memanggil teknisi kulkas agar kulkas/freezer menjadi normal kembali.
mengapa pada lemari es satu pintu bila lama beroperasi begitu banyak mengeluarkan bunga es?
jawabannya adalah, lemari es satu pintu dibagian evaporatornya tidak dilengkapi dengan heater seperti yang terdapat pada lemari es dua pintu.
pada lemari es dua pintu yang menggunakan fan motor pada bagian pintu atasnya, es batu dalam plastik yang sudah beku dapat dengan mudah kita ambil.
Bila sudah bocor, dapatkah evaporator diperbaiki kembali???
jawabannya...bisa, dengan menggunakan lem besi yaitu lem dalam tube kecil yang satu berwarna hitam dan yang satunya berwarna putih dan dapat anda beli pada toko bangunan.
campurkan dengan takaran yang sama antara putih dan hitam, dalam waktu lima menit lem akan menjadi keras seperti batu.
untuk hasil yang maksimal, usahakan sebelum menempelkan lem besi pada evaporator lemari es satu pintu yang tertusuk benda tajam, evaporatornya diamplas dan besihkan dengan lap kering terlebih dahulu.
dan anda pastikan dalam evaporator sudah tidak ada lagi tekanan sisa freon.
setelah diamplas sampai catnya hilang, barulah anda aduk lem tersebut.
setelah campurannya rata, tempelkan atau letakan pada lubang evaporator yg mengalami kebocoran tersebut dan biarkan sampai beberapa jam.
bila masih ada tekanan freon pada tempat yang bocor, biarkan sisa freonnya habis terlebih dahulu, setelah habis sisa freonnya barulah melakukan penambalan dengan lem besi tersebut.
cara diatas hanya untuk menekan biaya pembelian evaporator, sehingga pengeluaran biaya perbaikan lemari es anda tidaklah begitu besar, cukup mengeluarkan biaya pengisian freonnya saja.
Dalam sebuah sistem pendingin seperti AC, Kulkas, Freezer, Chiller, Show case dll Kompresor adalah sebuah komponen vital yang berfungsi mensirkulasi kan gas refrigerant. jika kompresor mengalami gangguan atau mengalami kerusakan, pada umumnya pemilik enggan untuk mengganti komponen ini dengan yang baru, dengan harga yang cukup tinggi dipasaran, harga kompressor kulkas 1 pintu saja bisa dibandrol tidak terpaut jauh dengan harga beli kulkas bekas yang masih layak pakai.
Ada beberapa jenis kerusakan yang masih bisa diperbaiki dari alat ini seperti kerusakan gulungan elektro motor nya dan kerusakan mekanis, kerusakan gulungan tentu bisa digulung ulang sedangkan untuk kerusakan
mekanis seperti piston, reed valve dll, sayang untuk kompresor ukuran kecil tidak ada spare part baru yang dijual, sehingga kita hanya bisa menggantinya dari hasil copotan kompresor lain, untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tadi kita harus membelah kompresor tersebut dan harus dilakukan secara cermat dan bersih.
Jika suatu hari kulkas anda mengalami hal yang tidak diharapkan, lebih baik menyimak tips dari saya tentang cara memeriksa kondisi "kesehatan" kompresor kulkas anda, siapa tahu bermanfaat.
Mengecek gulungan elektro motor di dalam kompresor :
1. Biarkan kulkas dalam keadaan on,siapkan peralatan utama seperti Obeng, Tang, Multitester dan jika ada clamp meter.
2. Setting clamp meter (biasa disebut tang ampere) pada posisi pengukuran ampere, selipkan kabel yang terhubung dengan overload switch kedalam lingkar clamp meter dan perhatikan hasil pengukuran nya harus lebih rendah atau sama dengan data spesifikasi yang tertulis dari pabrik kulkas tadi, misalkan jika tertulis "current : 0,6amp" maka hasil pengukuran harus sama atau sedikit lebih rendah tetapi jika melebihi silahkan periksa tegangan listriknya dulu apakah sesuai kebutuhan (220v) atau tidak, jika suara yang ditimbulkan kompresor lebih kasar pun bisa berakibat naiknya arus ampere yang terukur.
3. Setting multitester pada posisi pengukuran arus AC,dengan pen pengukur multitester pertama dihubungkan kelantai kemudian yang lainnya ke body kompresor (pastikan kebagian kompresor yang tidak dicat misalkan baud ground di kompresor atau pipa tembaga nya, lihat apakah ada tegangan yang terukur di multi tester hasil dari langkah tadi, jika tidak ada berarti gulungan dalam keadaan baik
Mengecek gulungan elektro motor di dalam kompresor bagian 2.
1. matikan kulkas dengan mencabut steker dari stop kontak
2. bukalah penutup soket listrik kompresor yang berada biasanya di sisi kiri atau kanan kompresor (lihat gambar)
3. lepaskan relay dan overload dari soket nya.
4. setting multi tester pada posisi pengukur ohm.
5. tempel kan pen multitester ke body kompresor dan yang lainnya hubungkan ke 3 buah soket yang terdapat pada kompresor satu persatu, jika tidak ada sama sekali resistansi dari ketiga soket ini yang terukur berarti elektro motor kompresor benar-benar dalam keadaan baik.
Mengecek gulungan elektro motor di dalam kompresor :
Masih pada ke 3 Pin atau soket yang terdapat pada kompresor dan multitester pada posisi ohm meter, ukurlah ketiga soket ini dengan cara soket tempat overload tertancap menjadi soket utama atau misalkan soket C (biasanya berada paling atas atau paling bawah / tidak berdampingan) dihubungkan dengan soket S dan kemudian C lagi dengan R, dari hasil pengukuran ini harus didapat resistansi antara 15 sampai 25 ohm untuk pengukuran dari C (common) dengan R (running) dan 20 sampai 40 ohm untuk C (common) dengan S (start), jika hasil pengukuran adalah 0 ohm berarti lilitan/gulungan elektro motor konslet/rusak.
Catatan :
Gunakan alas kaki dan sarung tangan yang kering saat anda hendak melakukan pekerjaan ini.
Patokan pengukuran yang disampaikan khususnya untuk kompressor kulkas 1 pintu/dibawah 100 watt.
Seperti pada banyak masalah seperti ini, freezer bisa membeku tetapi lainnya tidak, ini panduan tentang cara mengatasi dan tidak perlu biaya kalau anda mau mencobanya sendiri, silahkan ikuti cara-cara ini :
1. Periksa karet pintu nya apakah masih utuh atau tidak sobek, ketika pintu ditutup permukaan antara pintu dan bagian depan kulkasnya rapat.
jika sobek diganti baru atau jika hanya lepas dari penjepitnya kendurkan dahulu bautnya kemudian karetnya masukan kembali ke celah yang seharusnya agar ketika baut dikencangkan akan terjepit kembali dengan benar.
2. Periksa pada bagian yang tidak dingin nya dengan cara menekan switch pintu sambil merasakan dengan tangan apakah terasa ada hembusan angin atau tidak, kalau tidak tentu saja tidak akan dingin penyebabnya air atau kotoran yang membeku sehingga mempersempit saluran atau lorong udara yang berada didalam kulkas (lihat gambar), saluran ini harus bebas dari apapun yang menghalangi sehingga udara bisa bersirkulasi dengan lancar.
Periksa bagian dalam kulkas nya terutama bagian bawah jika
basah dan air menetes sampai keluar (banjir) ini pertanda saluran pembuangan airnya buntu.
Solusi nya cabut dahulu steker dari stop kontak listrik lalu buka bagian penutup Evaporator nya untuk membersihkan bunga es yang ada pada evaporator dan bagian lain dengan air (memakai selang dari kran air atau gunakan alat penyemprot air), biarkan air mengalir menyapu bersih seluruh bunga es yang membeku tadi sambil perhatikan air harus keluar dari lubang pembuangan dan saluran air nya sudah tidak buntu, jika ingin mempercepat proses pakailah air hangat agar kotoran, lemak ikan atau daging, es krim dan lainnya lebih cepat bersih
1. Periksa karet pintu nya apakah masih utuh atau tidak sobek, ketika pintu ditutup permukaan antara pintu dan bagian depan kulkasnya rapat.
jika sobek diganti baru atau jika hanya lepas dari penjepitnya kendurkan dahulu bautnya kemudian karetnya masukan kembali ke celah yang seharusnya agar ketika baut dikencangkan akan terjepit kembali dengan benar.
2. Periksa pada bagian yang tidak dingin nya dengan cara menekan switch pintu sambil merasakan dengan tangan apakah terasa ada hembusan angin atau tidak, kalau tidak tentu saja tidak akan dingin penyebabnya air atau kotoran yang membeku sehingga mempersempit saluran atau lorong udara yang berada didalam kulkas (lihat gambar), saluran ini harus bebas dari apapun yang menghalangi sehingga udara bisa bersirkulasi dengan lancar.
Periksa bagian dalam kulkas nya terutama bagian bawah jika
basah dan air menetes sampai keluar (banjir) ini pertanda saluran pembuangan airnya buntu.
Solusi nya cabut dahulu steker dari stop kontak listrik lalu buka bagian penutup Evaporator nya untuk membersihkan bunga es yang ada pada evaporator dan bagian lain dengan air (memakai selang dari kran air atau gunakan alat penyemprot air), biarkan air mengalir menyapu bersih seluruh bunga es yang membeku tadi sambil perhatikan air harus keluar dari lubang pembuangan dan saluran air nya sudah tidak buntu, jika ingin mempercepat proses pakailah air hangat agar kotoran, lemak ikan atau daging, es krim dan lainnya lebih cepat bersih
Beberapa penyebab kerusakan kulkas adalah salah satunya pipa kapiler mampet/buntu pada pipa kapiler nya.ukuran pipa kapiler kulkas adalah 0,26″ – 0,30″ sangat kecil sekali sehingga apabila terdapat kotoran/ oli kompresor yang terjebak ke dalam pipa tsb dapat mengakibatkan kebuntuan pada mesin pendingin ini, sehingga kulkas tidak bisa dingin.
Untuk memperbaiki kulkas dalam hal ini sangat perlu kesabaran dan ke hati-hatian dalam pengerjaanya karena walaupun pipa kapiler sudah di ganti dengan yang baru namun bila salah dalam pengisian freon kulkas juga bisa menyebabkan pipa kapiler ini akan mampet kembali, Bila terjadi kebuntuan pada pipa kapiler dapat di atasi dengan cara flushing Pipa kapiler kulas, fushing ini umum di lakukan untuk membersihkan jalur sirkuit pada mesin pendingin seperti AC, KULKAS Dll.
Cara penggantian pipa kapiler kulkas memang sangat sulit di lakukan bagi yang belum tahu, Banyak sekali orang yang tahu tapi sedikit yang mau kasih tahu *kasih tempe teruss* tapi kalao sudah tahu sih sebenarnya mudah sekali, karena posisi/penempatan pipa kapiler kulkas ini ngumpet di dalam body kulkas.
Langkah penggantian pipa kapiler kulkas :
1. Buka cover kulkas depan
2. Lepaskan dengan alat las pipa pipa yang terhubung ke evaporator kulkas
3. Bersihkan evaporator kulkas dengan cara di flushing
4. Bersihkan jalur pipa-pipa lainnya
5. Buat lubang pada belakang body kulkas *pojok atas kiri* dengan alat bor
6. Siapkan pipa kapiler yang baru, panjang sesuaikan dengan tinggi kulkas
7. Masukan ujung pipa kapiler *atas* ke lubang tsb
8. Sambung dengan las pipa kapiler yang baru pada evaporator kulkas
9. Tarik ujung pipa kapiler *bawah* nya dan sambung ke filter kulkas
10. Setelah semua pipa sudah terpasang lakukan pemakuman kulkas
11. Kemudian di lanjut dengan pengisian freon kulkas
Mudahan-mudahan informasi ini berguna dan bermanfaat,
Kulkas dua pintu merupakan kulkas yang memiliki sistem yang lebih baik dari pada kulkas satu pintu untuk itu cara membersihkannya juga berbeda dari kulkas satu pintu. Bagaimana cara membersihkan kulkas dua pintu? Dan bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas dua pintu? Berikut ini cara yang aman untuk membersihkan kulkas dua pintu:
1. Pastikan keselamatan kerja sebelum memulai membersihkan kulkas yaitu dengan cara memutuskan kulkas dengan sumber listrik hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hubung singkat dan kesetrum. Lepas semua rak yang ada pada kulkas dan cuci bersih.
2. Untuk membersihkan freezer atau pintu atas buka penutup evapurator, kemudian jika evapurator kotor bersihkan menggunakan kuas halus, bila perlu bersihkan dengan sabun cair, bersihkan juga dinding freezer kemudian siram dengan air bersih, setelah itu periksa saluran pembuangan air jika air bekas untuk membesihkan evapurator keluar dari selang pembuangan air dan masuk ketampungan air yang berada diatas kompresor maka saluran air normal tetapi jika air mengalir ke bagian chiller atau pintu bawah maka hal ini terjadi karena saluran air tersumbat, untuk membersikannya semprot selang saluran pembuangan air dengan air bertekanan, setelah itu bersihkan saluran udara yang menghubungkan antara freezer dengan chiller dengan cara menyiran dengan air hangat hal ini dilakukan karena pada saluran udara merupakan tempat yang paling sering menimbulkan bau tidak sedap sebab bentuk saluran udara yang datar sehingga apabila ada cairan bekas minuman atau makanan yang masuk pada saluran udara akan mengendap dan menimbulkan bau tak sedap, saluran udara terletak didepan evapurator. Yang perlu diperhatikan ketika membersihkan freezer kulkas dua pintu adalah hidarkan sambungan kabel dan fan dari air, kemudian berhati-hati pada heater yang mudah pecah karena dilapisi kaca yang terletak pada bagian bawah evapurator.
3. Untuk membersihkan chiller atau pintu bawah yang perlu diperhatikan adalah mengamankan fiting lampu agar tidak terkena air, untuk membersihkan chiller kulkas dua pintu buka penutup saluran udara dan bersihkan tetapi berhati-hati karena terdapat sensor suhu pada saluran udara tersebut. Untuk membersihkan dinding-dinding chiller dapat menggunakan sabun cair kemudian bilas dengan air bersih.
4. Untuk bagian luar kulkas sebaiknya dibersihkan dengan sedikit air hal ini agar komponen-komponen yang ada dibagian belakang kulkas tidak terkena air, bersihan pula karet pintu yang terletak diantara pintu dan body kulkas menggunakan kain kering yang bersih.
5. Setelah itu keringkan seluruh bagian kulkas yang terkena air, sebelum kulkas dirangkai kembali periksa komponen-komponen listrik dan sambungan kabel agar bebas dari air. Kemudian kembalikan bagian-bagian kulkas seperti semula dan kulkas siap dinyalakan.
Demikian cara yang baik dalam membersihkan kulkas 2 pintu semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Freezer merupakan alat pendingin yang dirancang untuk membuat es, mengawetkan daging, menyimpan es krim,dll. Freezer dirancang untuk dapat mencapai suhu yang sangat redah untuk itu ada beberapa hal yang sedikit berbeda pada freezer dibanding mesin pendingin lainnya sebab sistem refrigran yang dirancang untuk freezer harus tahan terhadap kondisi kerja mesin yang sangat keras, yang membedakan rancangang sistem pendingin freezer dengan mesin pendingin lainnya adalah adanya penambahan komponen seperti heater oil dan cooling oil yang terdapat pada kompresor bagian bawah yang bentuknya seperti pipa tekan dan pipa hisap yang kedua ujungnya berhubungan secara langsung jadi dengan kata lain pipa ini hanya lewat didalam tampungan oli kompresor saja pipa tersebut dapat berfungsi sebagai heater oil apabila pipa tersebut disambung dengan sistem refrigran diantara kondensor dengan filter, heater oil digunakan apabila suhu lingkungan rendah sehingga mengakibatkan oli menjadi pekat dan pipa tersebut dapat berfungsi sebagai cooling oil apabila disambung dengan sistem refrigran diantara evapurator dengan kompresor, cooling oil digunakan apabila suhu lingkungan tinggi sehingga diperlukan pendingin kompresor supaya tidak over heater. Berikut ini adalah kerusakkan yang sering terjadi pada freezer diantaranya:
1. Pipa Kapiler Buntu
pipa kapiler merupakan salah satu dari expansi yang berfungsi untuk menurunkan tekanan, pipa kapiler berbentuk seperti pipa tembaga tetapi diameter lubangnya lebih kecil. Pada mesin pendingin sering terjadi kebuntuan pada pipa kapiler tetapi pada freezer kemungkinan buntu lebih besar sebab diameter pipa kapiler pada freezer lebih kecil dibandingkan dengan mesin pendingin lainnya. Gejala yang ditimbulkan akibat buntu pipa kapiler diantaranya arus listrik besar tetapi tidak dingin dan ada bunyi brisik pada pipa kapiler jika dibiarkan dapat mengakibatkan kompresor rusak. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pengantian kapiler dan pembersihan sistem refrigran.
2. Sistem Refrigran Kotor
freezer memiliki kondensor dan evapurator yang lebih panjang dibanding dengan mesin pendingin lainnya oleh sebab itu sering terjadi pengendapan oli pada kondensor dan evaporator, oli yang mengendap terlalu lama akan berubah menjadi semacam lumpur yang pekat. Adanya kotoran pada kondensor dan evapurator mengakibatkan pembuangan dan penyerapan panas menjadi terhambat sehingga freezer tidak dingin. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pembersihan sistem refrigran dan penggantian oli.
Itulah kerusakan yang sering terjadi pada freezer, kerusakan yang lain rata-rata hampir sama dengan mesin pendingin lainnya.
hati-hati ! pipa kecil yang mirip kawat ini
rentan buntu dan patah
Pipa kapiler merupakan media yang menentukan aliran refrigerant pada sistem pendingin berukuran kecil semacam Freezer, Kulkas dan lainnya, saking kecilnya (rata-rata pipa kapiler kulkas sebesar 0,66 mm) pipa kecil dengan diameter lubang se-ukuran batang jarum ini kerap menjadi buntu lubang nya, tidak seperti AC yang memiliki pipa kapiler lebih besar kapiler kulkas sering
mengalami kebuntuan, paling umum terjadi adalah karena buntu oleh partikel kotoran yang terbawa bersama refrigerant (freon), sesuatu yang alami karena kotoran ini berasal dari partikel atau bubuk besi yang telah tercampur dengan oli, sebagai contoh bisa kita lihat saat mengganti oli mesin motor atau mobil, dari situ bisa kita lihat bagaimana pada oli yang sudah kotor itu terlihat ada butiran-butiran halus berwarna keperakan, itulah bubuk besi yang dimaksudkan yang juga terjadi di dalam sistem pendingin.
Saat refrigerant dipompa, sedikit oli yang sudah bercampur kotoran ini ikut terbawa bersirkulasi, bubuk besi dengan ukuran sedikit lebih besar akan terjaring oleh strainer atau filter dryer tetapi untuk yang lebih halus akan lolos melewati pipa kapiler, evaporator dan kembali masuk ke kompresor, karena proses yang terjadi terus-menerus maka kotoran ini akan membentuk lapisan yang menempel pada dinding bagian dalam sistem dan tentulah pipa kapiler yang paling mungkin mengalami kebuntuan.
Sebagai akibat dari semua ini maka sistem pendingin akan mengalami penurunan kerja, diantara nya adalah dingin nya berkurang, suara dan getaran kompresor lebih keras, jarang berhenti beroperasi, boros listrik dan lainnya.
Untuk mengatasi hal ini tidak cukup mudah karena perlu ada beberapa tes dan persiapan yang harus dilakukan, yang utama tentunya kondisi kompresor nya harus masih layak untuk kembali dipakai, kemudian menguras atau flushing seluruh sistem yang terdiri dari kondensor, filter dryer, kapiler dan evaporator ini harus benar-benar bersih, kalau tidak bisa memenuhi syarat-syarat tersebut maka dalam waktu dekat sistem akan mengalami hal yang sama yaitu pipa kapiler buntu atau lebih buruk lagi.
Langganan:
Postingan (Atom)