Kebocoran refrigran yang terjadi pada mesin pendingin menyebabkan mesin pendingin tidak dingin lagi. Ciri-ciri mesin pendingin yang bocor diantaranya: keluarnya oli dari permukaan pipa yang dilalui refrigran, terdapat karat biasanya berwarna hijau pada pipa yang dilalui refrigran, terlihan gelembung ketika pipa diberi tekanan dan diraba dengan busa sabun. Berikut ini adalah cara untuk memperbaiki kebocoran mesin pendingin:
Mencari sumber kebocoran dengan cara memisahkan semua komponen mesin pendingin (kompresor, kondensor, filter, expansi, evaporator, dan akumulator) kemudian untuk kondensor & evaporator pasang nepel/dop pada ujungnya (menggunakan las) kemudian ujung yang satunya ditutup/dibuntu (menggunakan las), setelah itu pasang selang manifold (alat pengukur tekanan) berwarna merah pada nepel/dop kemudia pasang selang kuning pada tabung refrigran (gunakan refrigran yang sama dengan aslinya mesin pendingin) kemudian tutup keran biru dan buka keran merah pada manifold & keran tabung refrigran sampai tekanan 100 psi sampai 300 psi, kemudian tutup keran merah pada manifold & keran tabung refrigran, setelah itu raba semua bagian dengan busa sabun/direndam dalam air seperti tambal ban sampai ketemu kebocorannya, setelah ketemu kebocorannya buang refrigran yang tersisa dalam kondensor & evaporator lalu tambal kebocoran dengan bahan yang sesuai dengan logam bahan dasar kondensor & evaporator. Dan untuk filter, expansi, dan akumulator sebaiknya diganti. Setelah selesai penambalan buka ujung kondenror & evaporator menggunakan pemotong pipa lalu bersihkan kondensor & evaporator dengan cara memasukkan R-11 (berbentuk cair sehingga pada saat memasukkannya ke kondensor & evaporator tabung R-11 harus terbalik agar R-11 dapat mengalir) melalui manifold posisi sama seperti saat memberi tekanan, kemudian setelah R-11 dimasukkan kurang lebih 1 ons tutup keran tabung R-11 lalu lepas selang yang ada pada tabung R-11 ke tabung refrigran yang sama dengan aslinya, buka keran pada tabung refrigran sehingga R-11 keluar bersama uap air dan kotoran, lakukan berulang-ulang sampai bersih setelah itu sambung kembali semua bagian seperti awal, kemudia setelah terpasang dari bagian yang ada napel/dop (nepel/dop letaknya tergantung jenisnya) pasang selang biru manifold pada nepel/dop dan selang kuning pada mesin vakum, tutup keran merah dan buka keran biru kemudian hidupkan mesin vakum hingga jarum manifold menunjuk -30 psi kemudian tutup keran biru dan matikan mesin vakum, setelah itu pindah selang biru ke tabung refrigran yang sama dengan aslinya dan buka keran biru dan keran tabung hingga jarum menunjuk isi normal dari mesin pendingin kemudian hidupkan mesin pendingin dan lakukan hal tersebut sampai batas normal pengisian refrigran. Demikianlah cara memperbaiki kebocoran pada mesin pendingin.
Mencari sumber kebocoran dengan cara memisahkan semua komponen mesin pendingin (kompresor, kondensor, filter, expansi, evaporator, dan akumulator) kemudian untuk kondensor & evaporator pasang nepel/dop pada ujungnya (menggunakan las) kemudian ujung yang satunya ditutup/dibuntu (menggunakan las), setelah itu pasang selang manifold (alat pengukur tekanan) berwarna merah pada nepel/dop kemudia pasang selang kuning pada tabung refrigran (gunakan refrigran yang sama dengan aslinya mesin pendingin) kemudian tutup keran biru dan buka keran merah pada manifold & keran tabung refrigran sampai tekanan 100 psi sampai 300 psi, kemudian tutup keran merah pada manifold & keran tabung refrigran, setelah itu raba semua bagian dengan busa sabun/direndam dalam air seperti tambal ban sampai ketemu kebocorannya, setelah ketemu kebocorannya buang refrigran yang tersisa dalam kondensor & evaporator lalu tambal kebocoran dengan bahan yang sesuai dengan logam bahan dasar kondensor & evaporator. Dan untuk filter, expansi, dan akumulator sebaiknya diganti. Setelah selesai penambalan buka ujung kondenror & evaporator menggunakan pemotong pipa lalu bersihkan kondensor & evaporator dengan cara memasukkan R-11 (berbentuk cair sehingga pada saat memasukkannya ke kondensor & evaporator tabung R-11 harus terbalik agar R-11 dapat mengalir) melalui manifold posisi sama seperti saat memberi tekanan, kemudian setelah R-11 dimasukkan kurang lebih 1 ons tutup keran tabung R-11 lalu lepas selang yang ada pada tabung R-11 ke tabung refrigran yang sama dengan aslinya, buka keran pada tabung refrigran sehingga R-11 keluar bersama uap air dan kotoran, lakukan berulang-ulang sampai bersih setelah itu sambung kembali semua bagian seperti awal, kemudia setelah terpasang dari bagian yang ada napel/dop (nepel/dop letaknya tergantung jenisnya) pasang selang biru manifold pada nepel/dop dan selang kuning pada mesin vakum, tutup keran merah dan buka keran biru kemudian hidupkan mesin vakum hingga jarum manifold menunjuk -30 psi kemudian tutup keran biru dan matikan mesin vakum, setelah itu pindah selang biru ke tabung refrigran yang sama dengan aslinya dan buka keran biru dan keran tabung hingga jarum menunjuk isi normal dari mesin pendingin kemudian hidupkan mesin pendingin dan lakukan hal tersebut sampai batas normal pengisian refrigran. Demikianlah cara memperbaiki kebocoran pada mesin pendingin.
1 komentar:
Saya pnya kulkas model r600a kompresor nya pnas tpi presernya dingin,pa penyebabnya
?
Posting Komentar