* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin

Kerusakan Pada Freezer

On 1 komentar

Freezer merupakan alat pendingin yang dirancang untuk membuat es, mengawetkan daging, menyimpan es krim,dll. Freezer dirancang untuk dapat mencapai suhu yang sangat redah untuk itu ada beberapa hal yang sedikit berbeda pada freezer dibanding mesin pendingin lainnya sebab sistem refrigran yang dirancang untuk freezer harus tahan terhadap kondisi kerja mesin yang sangat keras, yang membedakan rancangang sistem pendingin freezer dengan mesin pendingin lainnya adalah adanya penambahan komponen seperti heater oil dan cooling oil yang terdapat pada kompresor bagian bawah yang bentuknya seperti pipa tekan dan pipa hisap yang kedua ujungnya berhubungan secara langsung jadi dengan kata lain pipa ini hanya lewat didalam tampungan oli kompresor saja pipa tersebut dapat berfungsi sebagai heater oil apabila pipa tersebut disambung dengan sistem refrigran diantara kondensor dengan filter, heater oil digunakan apabila suhu lingkungan rendah sehingga mengakibatkan oli menjadi pekat dan pipa tersebut dapat berfungsi sebagai cooling oil apabila disambung dengan sistem refrigran diantara evapurator dengan kompresor, cooling oil digunakan apabila suhu lingkungan tinggi sehingga diperlukan pendingin kompresor supaya tidak over heater. Berikut ini adalah kerusakkan yang sering terjadi pada freezer diantaranya:

1. Pipa Kapiler Buntu
pipa kapiler merupakan salah satu dari expansi yang berfungsi untuk menurunkan tekanan, pipa kapiler berbentuk seperti pipa tembaga tetapi diameter lubangnya lebih kecil. Pada mesin pendingin sering terjadi kebuntuan pada pipa kapiler tetapi pada freezer kemungkinan buntu lebih besar sebab diameter pipa kapiler pada freezer lebih kecil dibandingkan dengan mesin pendingin lainnya. Gejala yang ditimbulkan akibat buntu pipa kapiler diantaranya arus listrik besar tetapi tidak dingin dan ada bunyi brisik pada pipa kapiler jika dibiarkan dapat mengakibatkan kompresor rusak. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pengantian kapiler dan pembersihan sistem refrigran.

2. Sistem Refrigran Kotor
freezer memiliki kondensor dan evapurator yang lebih panjang dibanding dengan mesin pendingin lainnya oleh sebab itu sering terjadi pengendapan oli pada kondensor dan evaporator, oli yang mengendap terlalu lama akan berubah menjadi semacam lumpur yang pekat. Adanya kotoran pada kondensor dan evapurator mengakibatkan pembuangan dan penyerapan panas menjadi terhambat sehingga freezer tidak dingin. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pembersihan sistem refrigran dan penggantian oli.
Itulah kerusakan yang sering terjadi pada freezer, kerusakan yang lain rata-rata hampir sama dengan mesin pendingin lainnya.

1 komentar:

akbar teknik

mas saya mau tanya frezer box 2meter x 1meter bunga es di dalam ko tidak rata ya ditambah pipa low press kok beku,
karet pintu aman dan panas kondensor tidak sampai kebawah kondensor tambahan.
frezer masih ori.

Posting Komentar