* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin

Cara membersihkan blower AC mobil

On 1 komentar

Beberapa hari lalu coba bersihin sendiri AC..




Cuman gak di semprot pake selang tp pake semprotan tuk tanaman...yg model pompa manual..hasilnya semprotan lebih terarah...(sambil puter kiri-kanan secara manual)..ujung noselpun bisa disetel mau fokus ato nyebar....malah lebih irit air...
Mekanis kerjanya tarik-tekan..(2 arah..artinya..swaktu pompa ditekan maupun ditarik menghasilkan semprotan)...cuman karena disini tidak ada yg jual...cleaner tuk evap..jd pake Kit Multi purpose super cleaner aja...
Lumayan sambil olah raga...karena setelah selesai bersihinnya...seluruh badan mandi keringat...Hasilnya..skarang bau Orange fragrance AC nya...

Terlampir foto2 cara membersihkan blower Ac depan :


Blower yang akan dibongkar, sebelumnya bongkar dulu lacinya;


Tambak bawah blower yang akan dibongkar dengan membuka 3 baut menggunakan obeng kembang, tapi sebelumnya soketnya dilepas dulu;


Saat blower akan dilepas;


Blower yang sudah dilepas;

Continue next posting..... 


RE: Service berkala AC - Soenfri - 24-03-2007 19:46 


Tampak rumah blower, dapat dibersihkan dengan menggunakan kain lap basah / kanebo;


Tampak soket speed sensor yang sudah dilepas (terletak diantara blower dan evaporator);


Saat sensor speed dilepas dengan cara memutar kekiri;


Blower dibersihkan dengan menggunakan kuas dan air sabun;


Pembersihan evaporator dengan cara menyemprotkan air dari rumah blower dan air akan keluar melalui selang pembuangan (ingat jgn terlalu deras semprotan airnya karena airnya akan luber keluar). Untuk lebih baiknya sebelum disemprot air, bersihkan dulu dengan kuas atau pembersih AC yang banyak dijual di supermarket (bentuknya kaleng dan jika disemprotkan ada busa putih, lalu tunggu beberapa saat)


Blower dibersihkan dengan menggunakan kuas dan air sabun;

Pembersihan evaporator dengan cara menyemprotkan air dari rumah blower dan air akan keluar melalui selang pembuangan (ingat jgn terlalu deras semprotan airnya karena airnya akan luber keluar). Untuk lebih baiknya sebelum disemprot air, bersihkan dulu dengan kuas atau pembersih AC yang banyak dijual di supermarket (bentuknya kaleng dan jika disemprotkan ada busa putih, lalu tunggu beberapa saat)


Saat sensor speed dilepas dengan cara memutar kekiri;


Pembersihan evaporator dengan cara menyemprotkan air dari rumah blower dan air akan keluar melalui selang pembuangan (ingat jgn terlalu deras semprotan airnya karena airnya akan luber keluar). Untuk lebih baiknya sebelum disemprot air, bersihkan dulu dengan kuas atau pembersih AC yang banyak dijual di supermarket (bentuknya kaleng dan jika disemprotkan ada busa putih, lalu tunggu beberapa saat).
kenapa kok sensor speed dilepas dulu ? apa bahaya kena air ?

mobil saya Aerio, apa bisa cara pembersihan dengan cara seperti ini.
Udah pernah bongkar blowernya sih, cuman masih ragu untuk nyemprot air-nya. Apa saja yang mesti saya lepas sebelum saya semprot air ?
cara membersihkan blower Ac depan DIY :


Blower yang akan dibongkar, sebelumnya bongkar dulu lacinya;


Tambak bawah blower yang akan dibongkar dengan membuka 3 baut menggunakan obeng kembang, tapi sebelumnya soketnya dilepas dulu;


Saat blower akan dilepas;


Blower yang sudah dilepas;

Continue next posting.....

Om, kmaren i nyoba untuk bersihin AC DIY. nah berhubung mobil gw Avg vvt-i, ternyata dibawah blower AC ada ECU mesin, pas ngeliat ky gitu jd gak berani ngerjain sendiri dah...Oya, di ducting AC gw ada bunyi kaya air bergenang gt. itu air buangan ac, tapi pas gw cek selang pembuangannya si ga mampet.

1 komentar:

Poskan Komentar