* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin

Sharing Pengisian Freon AC Mobil

On 0 komentar


Berapa kali ngisi Freon di tukang ac, hasilnya kurang maximal.

Setelah ngubek2x di Google, akhirnya bisa disimpulkan cara mengisi Freon R12 yang benar.

Sediakan alat
1. manifold gauge (alat pembaca tekanan rendah dan tinggi)
2. tabung Freon R12.


Perhatikan langkah berikut.
1. Pada Manifold Gauge, terdapat 3 selang. Warna kuning yang di tengah terhubung ke Tabung Freon, Warna Biru terhubung ke Low Pressure Pentil (Pentil yang dekat dengan selang ac yg dingin saat ac dinyalakan), dan selang terakhir berwarna merah terhubung ke High Pressure Pentil (selang yg menuju kondenser di bagian depan mobil, yg biasanya dekat dengan radiator dan juga didinginkan dengan kipas elektrik).
2. Pastikan semua valve dalam keadaan tertutup, lalu hubungkan tiap selang ke portnya masing2x.
3. Buka sedikit valve dari tabung, lalu longgarkan sedikit mur selang kuning yang menempel ke Manifold gauge. Tunggu sampai terdengar bunyi Hiss selama 4 detik. Tujuannya untuk membuang udara yang ada dalam selang kuning dan menggantinya dengan Freon.
4. Tutup/rapatkan kembali mur pada selang kuning di manifold gauge tadi, dan tutup juga valve pada tabung freon.
5. Nyalakan mesin dan ac pada setting fan yg paling cepat dan suhu yang paling rendah / dingin dalam keadaan jendela terbuka.
6. Setel engine hingga running pada rpm 1100 sampai 1500.
7. Buka ke 2 valve manifold (Low dan High) hingga terbaca penunjukkan.
8. Idealnya, Tekanan rendah maximum 40 PSI, tekanan tinggi maximum 225 PSI.
9. Jika kurang, berarti freon harus ditambah.
10. Tutup kembali semua valve, lalu buka sedikit valve tabung.
11. Buka Valve Biru atau low pressure -disinilah proses pengisian froen berlangsung. Tunggu sesaat sampai penunjukkan akan naik dan terbaca 35 (hingga 40) PSI.
12. Dengan mesin tetap menyala, tutup valve low press dan tutup valve tabung.
13. Buka kembali ke 2 valve low and high. Step ini dalah prose pembacaan penunjukkan, jika high pressure belum mencapai 200 PSI, ulangi langkah 10.
14. Begitu seterusnya sampai pembacaan maximal pada point 8.
15. Jika terjadi ketidak sesuaian pembacaan antara Low and High, berarti ada sistem yang tdk bekerja sempurna, indikatornya bisa baca di
 >< pencelasan pengisian freon;
1. Untuk tabung dengan isi Liquid freon, sebaiknya tabung direbahkan atau dibalik saat pengisian.
2. Sebaiknya setelan suhu paling dingin (bisa diputar maximal dari thermostat yg dipasang dekang evaporator ac). Tujuannya agar saat proses pengisian berlangsung, ac tetap hidup terus, tdk mati karena terputus oleh Thermostat. Dan itu juga salah satu alasan kenapa Jendela atau pintu sebaiknya di buka.
3. Pengisian sebaiknya dilakukan dengan bukaan valve tabung yg kecil saja, hingga freon yang masuk sedikit demi sedikit (bukan sekaligus). 
Tidak tahu persis alasannya, mungkin supaya Kompresor tdk mendadak bekerja berat akibat mendapat tekanan yang langsung besar.





>< Di bawah ini adalah normal mobil dengan pembacaan tekanan AC 134a.
pembacaan normal pada sisi tinggi dan rendah dengan OFF AC (tekanan statis) - Tergantung pada temperatur luar, tetapi biasanya adalah antara 80-105 PSI
Normal rendah sisi membaca dengan AC pada kecepatan tinggi dan MAX & mesin di 800-1000 RPM's - Kisaran 25-35 PSI - Perhatikan bahwa pada banyak produk Chrysler pembacaan normal pada sisi rendah dapat 15-25 PSI
Normal tinggi berkisar membaca sisi 200-350 PSI

0 komentar:

Posting Komentar