* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin

Pendingin udara

On 0 komentar



Beberapa bangunan di New York mempunyai metode alternatif untuk mengurangi pemakaian energi listrik yang diperuntukkan bagi penggunaan air conditioner. 

Metode yang digunakan adalah dengan memanfaatkan balok-balok es untuk mendinginkan udara yang masuk ke dalam bangunan. 

Sistem tersebut bisa menghemat biaya, mengurangi beban yang harus ditanggung jaringan listrik pada musim panas dan juga mengurangi polusi udara. Sistem tersebut setara dengan mengurangi 223 mobil di jalanan atau menanam 1,9 juta pohon untuk menyerap karbon dioksida yang diakibatkan oleh penggunaan listrik selama setahun. 

Sebagai contoh, sistem tersebut telah digunakan di perkantoran Credit Suisse di Manhattan. Listrik yang ada digunakan untuk membuat balok es di dalam sebuah tangki besar pada malam hari. Pertimbangan penggunaan waktu malam hari adalah kebutuhan listrik biasanya rendah pada malam hari. 

Udara dingin yang dihasilkan balok es tersebut dialirkan melalui pipa seperti pada sistem pengaturan udara tradisional. Pada malam hari, es yang mencair dibekukan kembali dan siklus tetap berulang pada keesokan harinya. 

Tempat penyimpanan es yang dimiliki Credit Suisse mampu mendinginkan ruangan-ruangan kantor seluas kurang lebih 190 ribu meter persegi di gedung tersebut. Gedung bersejarah tertinggi sebelum adanya Empire State Building. 

Di lantai ke 4 (lantai paling dasar) ruang bawah tanah gedung tersebut terdapat tiga ruang mesin  pendingin dan 64 tangki yang masing-masing menampung 800 galon air. Meskipun menggunakan sistem pengaturan udara yang tradisional, tetapi para ahli yang mendesainnya menggunakan sistem yang lebih efisien. Pembangunan konstruksi sistem tersebut membutuhkan waktu empat bulan. 

Para ahli yang disewa Credit Suisse menyatakan bahwa perusahaan tersebut bisa menghemat jutaan dolar hanya untuk biaya listrik yang digunakan. Credit Suisse bisa menghemat 900 kilowatt pada beban puncak gedung tersebut. Sementara, total penghematan mencapai 2,15 juta kilowatt per tahun. Jumlah yang cukup untuk melistriki kurang lebih 200 rumah. 

Teknologi tersebut tidak begitu saja bisa diterapkan pada setiap bangunan kantor. Harus tersedia ruangan untuk menempatkan tangki-tangki besar. Dan biaya untuk instalasi sistem tersebut juga menjadi pertimbangan. Sebagai contoh Credit Suisse telah menghabiskan biaya sebesar US$ 3 juta untuk merenovasi sistem pendinginan ruangan perkantorannya. Artinya, teknologi tersebut sesuai untuk perusahaan besar.

0 komentar:

Posting Komentar