* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin

Lemari es dua pintu atau lebih telah menggunakan sistem No-Frost atau tidak berbunga es.
berbeda dengan lemari es satu pintu yang tidak menggunakan sistem No-Frost atau tidak berbunga es, jadi bila kita ingin mengambil es batu pada bagian freezernya terasa begitu sulit, karena freezer telah dipenuhi dengan bunga es yang begitu tebal.

cara kerja sistem No-Frost adalah mencairkan bunga es yang telah menebal pada evaporator yang telah didinginkan oleh Kompresor selama tujuh jam.
setelah tujuh jam Kompresor mendinginkan lemari es, bimetal dalam defrost timer berpindah keposisi Defrost yang menghubungkan pada Heater/pemanas, Defrost thermostat dan Fuse selama lebih kurang lima belas menit.
dibawah ini gambar evaporator lemari es dua pintu yang tidak bisa melakukan proses defrost.


- Heater pemanas berfungsi untuk mencairkan bunga es yang menebal pada evaporator.
- Defrost Thermostat berfungsi sebagai relay yang dapat meneruskan arus listrik pada heater (pada suhu yang terendah, bimetal dalam defrost thermostat akan menutup atau menyambungkan arus listrik pada heater)
- Fuse berfungsi sebagai pengaman, jika Defrost thermostat mengalami kerusakan karena bimetal didalamnya tidak dapat membuka dan defrost timer juga mengalami kerusakan atau tidak dapat memindahkan contact pada Kompresor, maka heater/pemanas akan bekerja secara terus-menerus.
untuk mencegahnya hal tersebut maka Fuse akan memutuskan aliran listrik yang mengalir pada heater agar heater tidak melelehkan lemari es anda.
kerusakan yang terjadi pada sistem No-Frost adalah ditandai dengan adanya bunga es pada bagian freezernya atau dibagian pintu bawah lemari es tidak mengeluarkan udara dingin.

untuk mengetahui kerusakan pada sistem No-Frost adalah:
-check defrost timer, apa dapat berpindah contact dari Kompresor ke heater?
Defrost timer adalah sebuah alat atau Saklar yang berfungsi untuk memindahkan aliran listrik pada Kompresor dan heater.
didalam Defrost Timer terdapat gulungan motor yang berfungsi untuk memutar roda-roda gigi yang saling bersusun agar dalam waktu hitungan tujuh jam contact bimetal berada pada contact compressor.
setelah tujuh jam mengaliri arus listrik ke kompresor lalu berpindah pada contact heater selama lebih kurang lima belas menit, lalu kembali lagi pada contact Kompresor, begitulah terus menerus selama lemari es dioperasikan.
-check defrost thermostat, apakah dibawah suhu terendah bimetalnya dapat menutup/dapat mengalirkan arus listrik?
-check fuse, apa ada tahanan/ohm ketika diukur dengan multitester?
fuse dalam suhu rendah atau tinggi tetap ada tahanan/ohm.
-check heater pemanas dengan multi tester.
heater pemanas bentuknya ada yg mengikuti jalur evaporator dan satu lagi berbentuk tabung panjang dengan dua buah kabel di sisi kanan dan kirinya.

cara penanganan sementara kerusakan sistem defrost adalah cabut steker lemari es anda selama beberapa jam, agar es yang menutupi evaporator segera mencair.
setelah itu operasionalkan kembali lemari es anda.
ingat cara diatas hanya penanganan pertama saja, evaporator lemari es 2 pintu anda akan kembali dipenuhi bunga es jika dibagian sistem Defrost ada komponen yang mengalami kerusakan dan anda belum mengganti atau memperbaiki komponen Defrost yang mengalami kerusakan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar