* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin

Tip Membersihkan Kulkas Dua Pintu

On 0 komentar


Kulkas dua pintu merupakan kulkas yang memiliki sistem yang lebih baik dari pada kulkas satu pintu untuk itu cara membersihkannya juga berbeda dari kulkas satu pintu. Bagaimana cara membersihkan kulkas dua pintu? Dan bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas dua pintu? Berikut ini cara yang aman untuk membersihkan kulkas dua pintu:

1. Pastikan keselamatan kerja sebelum memulai membersihkan kulkas yaitu dengan cara memutuskan kulkas dengan sumber listrik hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hubung singkat dan kesetrum. Lepas semua rak yang ada pada kulkas dan cuci bersih.

2. Untuk membersihkan freezer atau pintu atas buka penutup evapurator, kemudian jika evapurator kotor bersihkan menggunakan kuas halus, bila perlu bersihkan dengan sabun cair, bersihkan juga dinding freezer kemudian siram dengan air bersih, setelah itu periksa saluran pembuangan air jika air bekas untuk membesihkan evapurator keluar dari selang pembuangan air dan masuk ketampungan air yang berada diatas kompresor maka saluran air normal tetapi jika air mengalir ke bagian chiller atau pintu bawah maka hal ini terjadi karena saluran air tersumbat, untuk membersikannya semprot selang saluran pembuangan air dengan air bertekanan, setelah itu bersihkan saluran udara yang menghubungkan antara freezer dengan chiller dengan cara menyiran dengan air hangat hal ini dilakukan karena pada saluran udara merupakan tempat yang paling sering menimbulkan bau tidak sedap sebab bentuk saluran udara yang datar sehingga apabila ada cairan bekas minuman atau makanan yang masuk pada saluran udara akan mengendap dan menimbulkan bau tak sedap, saluran udara terletak didepan evapurator. Yang perlu diperhatikan ketika membersihkan freezer kulkas dua pintu adalah hidarkan sambungan kabel dan fan dari air, kemudian berhati-hati pada heater yang mudah pecah karena dilapisi kaca yang terletak pada bagian bawah evapurator.

3. Untuk membersihkan chiller atau pintu bawah yang perlu diperhatikan adalah mengamankan fiting lampu agar tidak terkena air, untuk membersihkan chiller kulkas dua pintu buka penutup saluran udara dan bersihkan tetapi berhati-hati karena terdapat sensor suhu pada saluran udara tersebut. Untuk membersihkan dinding-dinding chiller dapat menggunakan sabun cair kemudian bilas dengan air bersih.

4. Untuk bagian luar kulkas sebaiknya dibersihkan dengan sedikit air hal ini agar komponen-komponen yang ada dibagian belakang kulkas tidak terkena air, bersihan pula karet pintu yang terletak diantara pintu dan body kulkas menggunakan kain kering yang bersih.

5. Setelah itu keringkan seluruh bagian kulkas yang terkena air, sebelum kulkas dirangkai kembali periksa komponen-komponen listrik dan sambungan kabel agar bebas dari air. Kemudian kembalikan bagian-bagian kulkas seperti semula dan kulkas siap dinyalakan.
Demikian cara yang baik dalam membersihkan kulkas 2 pintu semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar