* SELAMAT DATANG DI SEKAWAN SERVIS ELECTRONIC * SERVIS:TV,COMPUTER,DVC,Ampli fier dll. * Spesialis Kulkas,AC Rumah, AC mobil dan Mesin Cuci. * Alamat: Taraman Sidoharjo Sragen *

Sekawan Servis Pendingin

Beberapa Komponen Penting Ac Mobil Kita

On 0 komentar

1. Kompresor
2. Evaporator
3. Dryer
4. Expansi
5. Magnit Cltuch
6. Thermostart / Thermis
7. Kondensor

Gambar & Fungsinya :
1.Kompresor
Kompresor adalah alat untuk memompa bahan pendingin (refrigeran) agar tetap bersirkulasi di dalam sistem. Fungsi dari kompresor adalah untuk menaikan tekanan dari uap refrigeran sehingga tekanan pada kondensor lebih tinggi dari evaporator yang menyebabkan kenaikan temperatur dari refrigeran. Kompresor dirancang dan diproduksi untuk dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama, karena kompresor merupakan jantung utama dari sistem refrigerasi kompresi uap dan juga kapasitas refrigerasi. Suatu mesin refrigerasi tergantung pada kemampuan kompresor untuk memenuhi jumlah gas refrigeran yang perlu disirkulasikan. Kompresor berfungsi untuk menghisap uap refrigeran yang berasal dari evaporator dan menekannya ke kondenser sehingga tekanan dan temperaturnya akan meningkat ke suatu titik dimana uap akan mengembun pada temperatur media pengembun.

Gejala Kerusakan Kompresor :
- gejala berupa suara kasar pada kompresor
- Kompresi lemah

2.Evaporator
Refrigeran yang sudah berubah wujud menjadi hawa dingin akan mangkal di evaporator untuk ditiup angin dari kipas blower. Bentuknya seperti radiator aluminium dengan ukuran sangat tebal.

Gejala Kerusakan Evaporator :
- Bocor Karena Tekanan Yang Tinggi
- Kotor karena Debu
3.Dryer or Silica
Refrigeran yang bentuk awalnya berupa gas bertekanan tinggi, disaring botol dryer agar saat masuk ke dalam evaporator sudah dalam kondisi bersih dan netral. Lantaran bersifat sebagai penyaring, botol drier memiliki usia pakai antara 6-12 bulan. Ganti botol dryer setiap setahun sekali untuk performa maksimal.

Gejala Kerusakan Dryer :
- Mampet karena lama ngak di ganti
4.Expansi
Komponen ini berfungsi menurunkan tekanan dan temperatur refrigent , sehingga menimbulkan efek dingin pada evaporator sebelum dihembuskan ke Ruang Kabin

Gejala Kerusakan Expansi :
- Mampet
- Dingin Tidak maximal
5.Magnit Clutch
Kopling magnet berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran mesin ke pulley kompresor. Jika sistem kopling mulai bekerja maka arus listrik mengalir ke kumparan elekromagnet,pelat jangkar berputar bersama-sama pulley dan jika arus listrik dimatikan kemagnetan pada kumparan elektromagnetnya hilang dan pelat jangkar lepas dari puley karena tekanan pegas pengembali, maka kompresor akan berhenti.

Gejala Kerusakan Magnit Clutch :
- Tiba-tiba ngak dingin Trus Dingin lagi
- Center Piece nya oblak jadi kompresor macet

6.Thermostart / Thermis
Thermostat ac bekerja untuk menyesuaikan dengan suhu yg kita inginkan, misalnya thermostat diletakkan di 20'C. Kalau suhu kabin lebih dari 20'C (misalnya 25'C) maka thermostat mendeteksi supaya kompressor ac bekerja untuk menurunkan suhu sampai dengan 20'C, setelah suhu ruangan (20'C) tercapai, maka kompressor ac akan mati. Dan menyala lagi jika suhu ruangan mulai naik lagi (hal ini berlangsung terus menerus selama ac dinyalakan).

Gejala Kerusakan Thermostart / Thermis :
- Suhu Terlalu dingin karena Kompresor Bekerja terus
- Ngak Mutus-Mutus
7.Kondensor
Mengubah Freon menjadi cairan yang bertekanan tinggi dan bertemperatur tinggi

Gejala Kerusakan Kondensor :
- Terjadi kebocoran, kotoran debu dan lumpur juga bisa merusak

0 komentar:

Posting Komentar